Edisi 07-02-2016
Garuda Terbangi Jakarta-Silangit


TARUTUNG – Garuda Indonesia resmi membuka rute penerbangan Jakarta- Silangit pada 23 Maret. Pemerintah daerah sekawasan Danau Toba pun menyetujui dan menyepakati subsidi untuk pesawat Garuda rute Jakarta-Silangit.

Garuda akan mengoperasikan pesawat jenis Bombardier CRJ 1000 berkapasitas sekitar 100 kursi untuk melayani rute tersebut. Direncanakan akan ada tiga kali penerbangan Jakarta-Silangit dan sebaliknya dalam sepekan.

Dibukanya rute Jakarta-Silangit diharapkan mampu menarik minat wisatawan berkunjung ke Danau Toba. “Impian kita terwujud. Kita promosikan dan dukung bersama- sama karena ini merupakan upaya percepatan pengembangan Danau Toba sebagai Monaco Asia. Secara otomatis masyarakat di sekitar Danau Toba pun akan maju dan sejahtera,” kata Bupati Taput, Nikson Nababan, Sabtu (5/3). Nikson menjelaskan, tujuh pemerintah daerah di sekitar kawasan Danau Toba telah menandatangani kesepakatan mendukung Garuda membuka rute Jakarta-Silangit.

Dalam waktu dua pekan akan digunakan membenahi landasan Bandara Siangit. “Kita pun sepakat mendukung pengembangan Bandara Silangit menjadi Bandara Internasional,” ujarnya. Nikson menambahkan, Taput sebagai kawasan pintu masuk menuju Danau Toba akan konsisten mendukung berbagai upaya pengembangan wilayah itu. DiaberjanjiPemkabTaputsegera membenahi sejumlah sarana pendukung seperti pelabuhan kapal di Muara yang saat ini sudah bisa terintegrasi dengan seluruh kawasan di Danau Toba.

Sementara Bupati Samosir Rapiddin Simbolon mengungkapkan, penandatanganan kesepakatan kerja sama tersebut merupakan awal dari kebangkitan pemerintah daerah di kawasan Danau Toba. Dia berharap keberadaan Bandara Silangit akan mendorong kemajuan dan perkembangan yang pesat bagi sejumlah kabupaten di kawasan Danau Toba. “Kabupaten Tapanuli Utara akan bangkit dengan keberadaan bandara ini dan kami yakin akan berdampak juga ke kabupaten lainnya.

Kita dukung bersama dan kita yakin Bandara Silangit akan berkembang dan menjadi bandara internasional,” ujarnya. Mewakili PT Garuda Indonesia, Syamsuddin mengatakan, pihak Garuda akan melakukan upaya maksimal memberikan pelayanan bagi penumpang dari Bandara Silangit menuju Jakarta atau sebaliknya. “Kami lakukan upaya maksimal agar kesepakatan ini bisa segera diwujudkan dan rencana penerbangan pada 23 Maret ini akan dilaksanakan tepat waktu. Pesawat yang akan kita terbangkan perdana jenis Bombardir ini kita maksimalkan dapat memenuhi keinginan penumpang,” katanya. ●baringin lumban gaol

Berita Lainnya...