Edisi 07-02-2016
Penetapan Wagub DIY 19 Februari


YOGYAKARTA– DPRD DIY menargetkan kekosongan posisi Wakil Gubernur DIY (Wagub) DIY sudah terisi pada pekan ketiga Februari ini. Rencananya penetapan Wagub DIY digelar 19 Februari melalui ra - pat paripurna istimewa.

Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana mengatakan, Panitia Khusus (Pansus) Pe ne - tapan Wagub DIY sudah terbentuk pada Kamis (12/2). Jumlah ang gota Pansus sebanyak se te - ngah dari total jumlah anggota. “Sekitar 27-28 orang,” katanya kemarin. Sesuai amanat UUK DIY, Pan sus Penetapan Wagub DIY ha nya diberi waktu selama tu - juh hari kerja.

“Pansus dibentuk 12 Februari, bekerja tujuh hari dan ditetapkan 19 Februari. Itu tar get yang diputuskan dalam rapat Bamus (Badan Musya wa - rah) DPRD DIY,” kata Yoeke. Politikus PDIP dari dapil Ban tul Timur ini mengatakan, ko munikasi intensif dengan Ka dipaten Pakualaman terus di la kukan, khususnya mengenai penyerahan berkas persya - ratan calon Wagub DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X.

“Akan ada seremonial penyerahan ber kas secara resmi ke Pansus,” kata dia. Menurut Yoeke, hal ini me - ngacu Pasal 28 ayat (5) UUK, Ka - di paten Pakualaman menye - rahkan berkas persyaratan ke - pa da Pansus Penetapan. Ka di - pa ten Pakualaman bulan lalu te - lah mengajukan berkas persya - ratan ke Dewan, padahal Pansus belum terbentuk.

“Rapur Istime wa Penetapan pun diperkirakan bisa digelar sesuai jadwal (19 Februari), karena tidak ada permasalahan seputar dokumen persyaratan,” paparnya. Anggota Bamus DPRD DIY Arief optimistis Pansus Pene - tap an bisa menyelesaikan tu - gas nya paling lama tujuh hari ker ja, termasuk konsultasi ke Ke menterian Dalam Negeri (Ke mendagri).

“Fraksi harus me ngirimkan nama-nama yang akan duduk di Pansus paling lam bat Rabu (10/2). Setelah Pan sus terbentuk, langsung be - kerja. Ketua Pansus langsung di pe gang Pimpinan Dewan,” kata dia. Ketua Fraksi PKS DPRD DIY ini mengatakan, setelah Wagub DIY ditetapkan di Rapur, hasilnya langsung dikirim ke Ke - mendagri untuk mendapatkan pengesahan Presiden.

“Kita berhitung, dalam wak - tu satu bulan lagi DIY su dah punya Wagub,” ungkapnya. Arief juga berpendapat un - tuk pembiayaan pengisian ja - batan Wagub DIY dengan Dana Keistimewaan (Danais) 2016, tidak ada permasalahan. Hasil komunikasi dengan eksekutif, anggaran berasal dari pergese r - an program atau kegiatan lain yang didanai Danais 2016. “Ek - se kutif akan mengonversi ang - garan untuk diajukan ke pusat. Per geseran dimungkinkan da - lam perubahan anggaran,” ujar - nya.

Sementara itu, Kepala Biro Tata Pemerintahan (Tapem) Set da DIY, Drs Benny Suhar so - no mengatakan, Tim Anggaran Pe merintah Daerah (TAPD) DIY saat ini mulai me ma tang - kan anggaran dengan merevisi pro gram dan kegiatan yang di - da nai Danais 2016. “Kami me - mastikan meski menggeser pro gram dan kegiatan yang la in, namun tidak mengganggu nya,” kata Benny.

Mantan Kabid Perencanaan Bappeda DIY ini mengungkapkan, Sekretariat DPRD DIY su - dah mengajukan dua usulan pen danaan untuk proses pe ngi - si an Wagub DIY. Ada dua no - minal yang diusulkan Sekretariat DPRD DIY, yakni Rp400 ju - ta dan Rp700 juta.

Benny menyampaikan, pe - nga juan format anggaran un - tuk pengisian sampai penetap - an Wagub DIY ini dilihat sesuai ke butuhan. Usulannya tidak ha rus menggunakan angka pa - tok an tertinggi nominalnya. “Usul an yang penting logis,” im - buhnya.

Ridwan anshori

Berita Lainnya...