Edisi 07-02-2016
14 Rumah di Tanjung Leidong Ludes Terbakar


AEK KANOPAN – Sebanyak 14 unit rumah rumah warga di Dusun Ongkak, Kelurahan Tanjung Leidong, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), ludes terbakar, Minggu (6/3), sekitar pukul 10.35 WIB. Sumber api diduga berasal dari hubungan listrik arus pendek atau korsleting dari salah satu rumah warga. Peristiwa kebakaran itu membuat geger warga sekitar. Mereka pun berusaha memadamkan kobaran api dengan alat seadanya.

Namun, embusan angin yang kuat membuat api lebih cepat menyambar ke rumah warga lainnya yang rata-rata terbuat dari papan. Api semakin sulit dikendalikan karena mobil pemadam kebakaran kesulitan menjangkau lokasi karena akses jalan tak memungkinkan. Kobaran api yang terus membesar pun melumat 14 rumah warga.


Seorang korban kebakaran, Acai, 30 mengatakan, api diduga akibat korsleting listrik pada salah satu rumah warga yang juga jadi korban kebakaran, Bagan, 42. Kemudian, api dengan cepat menyambar ke rumah miliknya dan warga lain. “Awal mulanya dari rumah sebelah (Pak Bagan), lalu menyambar ke rumah ini. Mungkin terkena angin,” kata Acai, Minggu (6/3). Dia mengatakan, saat kebakaran dia tidak sedang berada di rumah, sehingga keluarga tidak dapat menyelamatkan barang- barang berharga di dalam rumah. Hanya pakaian yang melekat di badan saja yang tersisa.

“Semuannya habis terbakar dan tidak bisa diselamatkan,” tutur Acai berurai air mata. Sementara Lurah Tanjung Leidong, Adi Harianto mengatakan, kerugian korban akibat kebakaran tersebut hampir mencapai Rp1,5 miliar. Sebab sebagian besar harta benda korban tak ada yang bisa diselamatkan dari kobaran api. “Saat kebakaran banyak penghuni rumah tidak di tempat. Jadi rata -rata harta benda milik korban banyak yang hangus terbakar. Jadinya kerugian warga yang tertimpa musibah cukup besar,” ungkapnya. Kapolsek Kualuh Hilir, AKP Jony Tampubolon melalui Kanit Reskrim Ipda K Butar-Butar saat dikonfirmasi menjelaskan, masih menyelidiki asal api yang menghaguskan 14 unit rumah tersebut. ●sartana nasution

Berita Lainnya...