Edisi 11-02-2016
RI-Rusia Jajaki Kerja Sama Intelijen dan Alutsista


JAKARTA – Pemerintah Indonesia dan Rusia menjajaki kerja sama di bidang intelijen seperti pertukaran informasi, alat utama sistem senjata (alutsista) dan pemberantasan narkoba.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Indonesia memandang perlu bekerja sama dengan intelijen Rusia yang diyakini akan memberikan banyak manfaat. Selama ini Indonesia lebih fokus bekerja sama dengan intelijen negara Barat, terutama Amerika Serikat.

”Bentuk kerja samanya antara lain pertukaran informasi, pelatihan sumber daya manusia, dan kerja sama peralatan,” ujarnya seusai mengikuti pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan delegasi Rusia yang dipimpin Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, Nikolai didampingi Duta Besar Rusia untuk Indonesia Mikail Galuzin. Sementara Presiden didampingi Luhut, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, Menkumham Yasonna Laoly, dan Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti. Menurut Luhut, kecanggihan teknologi yang dimiliki badan intelijen Rusia sangat membantu jika bisa diterapkan juga di Indonesia.

Adapun terkait kerja sama alutsista, Indonesia-Rusia telah menjajaki kemungkinan pembelian senjata dengan usulan dari TNI. Kenapa hal itu tidak lepas dari usulan TNI, karena TNI yang paling berkepentingan sebagai pengguna alutsista tersebut nantinya. ”Jadi tidak harus top-down, tapi bottom-up saya kira harus menjadi salah satu persyaratan,” ungkapnya. Luhut menjelaskan, Rusia menawarkan sejumlah alat canggih, seperti pesawat Sukhoi SU-35, helikopter, kapal selam, dan kapal cepat.

Sementara itu, Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu berencana mengunjungi Rusia pada Maret 2016 untuk membicarakan kerja sama pengadaan alutsista. Khususnya mengenai rencana pembelian pesawat tempur multifungsi Sukhoi Su-35. Menurut dia, Indonesia berencana membeli 8-10 pesawat tempur tersebut.

rahmat sahid



Berita Lainnya...