Edisi 28-02-2016
Membangun Budaya Literasi


Islamic Book Fair 2016 mengusung tema Wisata Literasi Islami. Sesuai temanya, pesta buku yang menawarkan harga lebih murah ketimbang toko buku konvensional ini pun diharapkan bisa membangun budaya membaca.

Perhelatan yang dimulai Jumat (26/2) di Istora Senayan, Jakarta itu, diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Menteri Anies Baswedan menilai, hadirnya gelaran pameran dan bazar buku Islami adalah gerakan positif. Hal tersebut dapat dimanfaatkan keluarga muslim di Indonesia untuk menumbuhkan dan menambahkan budaya membaca.

Islamic Book Fair 2016 yang bertema Wisata Literasi Islami diharapkan dapat memperluas minat baca masyarakat muslim Indonesia. Anies pun menilai, selain harus menanamkan budaya membaca, masyarakat muslim Indonesia juga harus memiliki pola berpikir kritis yang ilmiah. Hal itu baginya haruslah didasari dari domain keluarga yang mengampanyekan budaya membaca.

Dengan membaca literasi, keluarga khususnya anak-anak akan memiliki karakter yang kuat dan berbudi. ”Menanamkan budaya membaca haruslah dimulai dari domain keluarga agar anak bangsa dapat memiliki karakter berbudi,” katanya. Jikaminatbacaditumbuhkan sedari dini oleh keluarga, ke depannya Indonesia akan memiliki generasi baru Islam yang mewarnai kemanusiaan. Ia pun juga menilai, ajang Islamic Book Fair 2016 bisa menjadi wadah bagi intelektual muslim mencari bahan-bahan bacaan yang berkualitas.

Anies menyatakan, memasuki usia yang ke-15, peran Islamic Book Fair telah memberikan kontribusi yang besar terhadap negara. Islamic Book Fair turut andil dalam mencerdaskan dan mencerahkan kehidupan berbangsa. Anies pun mengutip pernyataan Khalifah Islam keempat Ali bin Abi Thalib bahwa pengetahuan merupakan sumber dari kekuatan.

Pengetahuan yang dimaksud adalah pengetahuan yang akan diaplikasikanuntukkekuatanyang berimplikasipada kebaikan. Pengetahuan yang tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat haruslah dirangkul sebagai sebuah pengetahuanyangmendoronglaju pertumbuhan kehidupan, kemasyarakatan, danjugakemanusiaan. Esensidari membacaadalahuntuk melangkah dan bertindak dengan sebijakmungkin.

Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) DKI Jakarta Afrizal Sinaro menilai, Islamic Book Fair 2016 bukan hanya menyajikan bazar buku semata, lebih dari itu, banyak kegiatan lainnya yang akan mewarnai perhelatan akbar bazar buku Islami ini. Seperti diskusi buku, seminar, bazar makanan, penampilan hiburan Islami, dan juga penghargaan bagi para penulis buku dan novel-novel terbaik pilihan.

Khusus untuk buku, penganugerahan akan dibagi menjadi dua kategori. Yakni buku fiksi dan buku non-fiksi. Kategori fiksi dibagi menjadi tiga, yaitu fiksi anak-anak, remaja, dan dewasa. Hal yang dinilai oleh juri adalah sisi konten, desain sampul buku, hingga pesan kuat yang coba disampaikan kepada khalayak. Digelarnya penghargaan ini menurutnya merupakan apresiasi kepada para penulis buku dan sekaligus untuk memotivasi para penulis muda dan ilustrator buku.

”Penghargaan ditujukan sebagai apresiasi pada penulis dan ilustrator buku, sekaligus untuk memotivasi para remaja untuk bisa menjadi penulis,” katanya. Islamic Book Fair 2016 terdiri dari stand-stand bukuIslamiyang dikhususkan pada semua kalangan. Mulai dari buku anakanak, remaja, dewasa, hingga kategori umumsekalipun. Kategori literatur keislaman klasik dan kontemporer juga tersedia lengkap di sini.

Selain itu, perhelatan buku Islami terbesar diIndonesia ini juga seolah memanjakan para pengunjung dengan menghadirkan diskon-diskon menarik di dalamnya. Hampir di semua stand buku menghadirkan diskon-diskon yang cukup fantastis. Mulai dari 15% , 50%, hingga 80%. Salah satu pemilik stan buku bernama Pro-You di Islamic Book Fair 2016 Abah Hamzah menilai buku-buku Islami yang ditawarkannya dibanderol dengan harga yang variatif.

Ada buku yang berharga di bawah Rp.10.000 dan harga-harga ke atasnya namun masih cukup terjangkau. Hamzah menyampaikan, stand -nya menyediakan diskon buku hingga 50% sepanjang perhelatan Islamic Book Fair 2016 berlangsung hingga 6 Maret mendatang. ”Harga buku variatif, mulai dari harga di bawah 10.000. Dan kami ada diskon hingga 50% untuk bukubuku tertentu,” katanya.

Imas damayanti