Edisi 28-02-2016
Atletico Rival Utama Barca


MADRID – Atletico Madrid menghancurkan Real Madrid untuk menjadi penantang utama Barcelona pada persaingan gelar Primera Liga. Striker Antoine Griezmann mencetak gol tunggal kemenangan tim tamu di Estadio Santiago Bernabeu, kemarin.

Los Colchoneros kini mengoleksi 58 angka dari 26 pertandingan. Mereka tertinggal lima nilai di belakang juara bertahan Barcelona yang baru bertanding melawan Sevilla dini hari nanti. Sedangkan Madrid, yang menderita kekalahan pertama era Zinedine Zidane, tertahan di peringkat 3 dengan perolehan 54 poin.

Dituntut berjaya demi menjaga harapan mengejar Barcelona, kedua tim menurunkan tim terbaik mempertimbangkan kesulitan yang ada. Zidane mendahulukan Danilo da Silva ketimbang Nacho Fernandez untuk mengisi pos sisi kiri pertahanan yang ditinggalkan Marcelo Vieira. Karim Benzema kembali ke tim utama setelah absen pekan lalu. Sedangkan James Rodriguez terus menggantikan Gareth Bale yang masih dalam tahap pemulihan.

Di lain pihak, pada laga yang disiarkan RCTI ini Atletico kehilangan Yannick Carrasco, Stefan Savic, Tiago Mendes, dan Thomas Partey akibat cedera. Namun, pelatih Diego Simeone tidak terlalu kehilangan karena memiliki Jose Maria Gimenez, Augusto Fernandez, atau Saul Niguez. Sesuai prediksi, Los Blancos mendominasi penguasaan bola begitu wasit Carlos Clos meniup peluit tanda dimulainya pertandingan.

Meski begitu, para penyerang tuan rumah kesulitan mengancam gawang lawan. Hingga 45 menit pertama, kedua tim sama-sama melepas lima tembakan. Tapi, Atletico unggul 3-1 menyangkut sepakan tepat sasaran. Di babak kedua, gangguan punggung yang sempat memaksa Benzema berhalangan dilaporkan kambuh. Zidane mengambil keputusan berani dan memasukkan penyerang berusia 18 tahun Borja Mayoral.

Sayang, bukan Madrid yang mencetak gol. Griezmann mengakhiri puasa mencetak gol di lima pertandingan seusai meneruskan umpan Filipe Luis delapan menit selepas jeda. Kemenangan ini sekaligus mempertegas dominasi Simeone atas Madrid. Sejak dikalahkan di final Liga Champions 2013/2014, pria Argentina itu kini membawa Atletico berjaya lima kali pada 10 pertemuan di seluruh kompetisi.

Beberapa di antaranya berupa hasil penting. ”Menang di Bernabeu kini terasanatural bagi kami,” kata Simeone seusai laga. ”Tim ini menunjukkan karakter untuk terus bertarung,” tambah kapten Atletico Gabi Fernandez. Sementara itu, menuai kekalahan jelas memantik rasa kecewa bagi Zizou—sebutan Zidane.

Namun dia tak mau menyebut hasil itu akhir dari segalanya. ”Apapun yang terjadi, kami tidak akan mengucapkan selamat tinggal kepada La Liga. Kami tidak akan menyerah,” kata Zidane.

Harley ikhsan