Edisi 19-03-2016
El Barca Ditantang Atletico Madrid


NYON–Misi Barcelona mempertahankan gelar Liga Champions akan menemui rintangan berat. El Azulgrana harus terlebih dahulu menyingkirkan Atletico Madrid untuk merebut tiket semifinal.

Data menunjukkan Lionel Messi dkk cukup kerepotan ketika berjibaku melawan Atletico di kompetisi elite Benua Biru ini. Hasil pengundian babak perempat final Liga Champions yang berlangsung di Nyon, Swiss, tadi malam bisa disebut kurang menguntungkan El Barca. Pasukan Luis Enrique harus bertemu lawan tangguh.

Tantangan klub Katalan itu akan diawali dengan menghadapi Atletico awal April mendatang. Ini bakal menjadi ujian bagi Barcelona. Di Primera Liga dan Copa del Rey, Barcelona memang menjajah Atletico. Dari 10 partai, Barcelona mencatat delapan menang dan dua imbang. Namun, cerita berbeda terjadi di kompetisi Eropa. Barcelona kerap terpeleset jika jumpa pasukan Diego Simeone.

Dari dua perjumpaan, Barcelona menelan satu imbang dan satu kalah. Itu terjadi pada babak perempat final Liga Champions musim 2013/2014. Pada leg pertama di Camp Nou, Barca imbang 1-1, lalu tumbang 0-1 di Vicente Calderon. Adanya trisula Messi, Suarez, dan Neymar (MSN) juga tidak menjamin bisa meringankan beban Barcelona.

Walau ketiganya sangat tajam sepanjang musim ini, belum tentu dapat membobol gawang Los Rojiblancos sebutan Atletico. Faktanya, tim itu baru kemasukan tiga gol. Semuanya ketika penyisihan Grup C. ”Saya tidak berpikir ada lawan lebih tangguh lagi selain Atletico Madrid. Mereka tim dengan pertahanan lebih baik dibanding yang lain. Di perempat final liga Champions, Anda tahu seperti apa lawan yang akan dihadapi.

Ada lawan yang lebih mudah, tapi ada juga yang sangat tangguh,” ujar anggota dewan direksi Barcelona, Javier Bordas, dilansir Skysport . Sulitnya Barcelona untuk bertahan turut didasari torehannya ketika melawan sesama tim Spanyol di Liga Champions. Dari enam pertandingan kontra anggota Primera Liga, Barcelona hanya meraih satu kemenangan. ”Kami telah melihat hasil pengundian.

Barcelona merupakan rival yang penting. Mereka tim terbaik di dunia. Saya sudah tidak sabar menghadapi mereka. Apalagi motivasi terbaik selain menghadapi salah satu tim terbaik di dunia. Tapi, saat ini kami akan fokus dulu melawan Sporting Gijon,” ucap Simeone. Hasil pengundian juga tidak mendukung Manchester City (Man City).

Setelah sukses melaju ke perempat final Liga Champions untuk pertama kalinya, The Citizens bakal dijajal kampiun Ligue 1, Paris Saint-Germain (PSG). Ini merupakan pertemuan pertama mereka setelah bermain 0-0 pada 2008. Berbekal punggawa macam Zlatan Ibrahimovic, Angel di Maria, Edinson Cavani, Thiago Silva, serta Lucas Moura, PSG diyakini bakal mampu mengempaskan Man City.

Terlebih tim Kota Mode itu menunjukkan prestasi fenomenal sepanjang musim ini. Berbeda dengan Real Madrid. Armada Zinedine Zidane itu dipercaya akan melaju ke semifinal lantaran cuma berjumpa Wolfsburg. Prediksi serupa berlaku bagi Bayern Muenchen. FC Hollywood punya kans besar menyingkirkan Benfica.

Reuni Klopp

Beralih ke Liga Europa, harapan Juergen Klopp bertemu Borussia Dortmund di final dipastikan tidak akan terlaksana. Reuni mereka terjadi lebih cepat lantaran Liverpool berjumpa Dortmund di perempat final. ”Semua teman saya di Dortmund, ingin melawan saya. Namun, saya harap itu baru terjadi di final,” ucap Klopp, sebelum pengundian. Itu akan menjadi partai yang emosional bagi Klopp.

Maklum, Klopp akan melawan tim yang pernah diasuhnya selama tujuh musim. Arsitek berusia 48 tahun itu sempat bertugas di Signal Iduna Park mulai 2008 sampai 2015. Dia merupakan salah satu pelatih Dortmund tersukses dan sudah dianggap pahlawan. ”Cukup mungkin bagi Liverpool untuk melaju ke final, tapi perlu kerja keras.

Kami telah melakukan pekerjaan bagus. Kami menganggap serius semua pertandingan. Jika ingin memenangi kompetisi ini (Liga Europa) maka Anda harus bisa mengalahkan tim terbaik,” tambah Klopp. Sementara itu, kesialan lagi-lagi menimpa Spanyol. Sama seperti di Liga Champions, Negeri Matador juga dipastikan kehilangan satu wakilnya di Liga Europa.

Soalnya, Athletic Bilbao harus berjumpa juara dua musim berturut- turut, Sevilla, di perempat final. Dan, Villarreal dihadang Sparta Praha. Adapun utusan Ukraina, Shakhtar Donetsk, bakal saling jegal dengan wakil Portugal, SC Braga.

m mirza

Berita Lainnya...