Edisi 19-03-2016
Anggota Polres Jakarta Selatan Ditemukan Tewas Gantung Diri


JAKARTA – Anggota Polres Jakarta Selatan Aiptu Suparno ditemukan tewas gantung diri di rumahnya di Perumahan Grand Lontar, B 3, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, sekitar pukul 13.30 WIB, kemarin.

Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Wahyu Hadiningrat mengaku masih mendalami motif anggotanya yang mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. ”Ada dugaan, motifnya dia nekat gantung diri karena masalah pribadi, tapi untuk lebih pastinya kami sedang selidiki,” tegasnya. Kasie Humas Polsek Jagakarsa Aiptu Chairul menjelaskan, korban pertama kali ditemukan oleh putrinya, Nadia Rahma, yang baru saja menyelesaikan salat zuhur di lantai dua rumahnya.

Saat itu Nadia menyempatkan diri melihat ke rumah sebelah yang ditinggali ayahnya dan mendapati ada orang yang tergantung. Setelah dicek, ternyata orang tersebut adalah ayahnya. Menurut Chairul, saat ditemukan, korban tergantung pada pagar besi balkon rumah di lantai dua, menggunakan tali tambang warna biru.

Setelah diidentifikasi, jenazah korban langsung dibawa ke RS Fatmawati untuk visum. ”Biasanya setiap pagi korban selalu membangunkan anaknya untuk salat subuh dan kuliah. Tapi, pagi ini tidak, dia (korban) sudah tidak terlihat sejak pagi,” kata Chairul, menirukan ucapan putri korban.

Psikolog Universitas Pancasila (UP) Aully Grashinta menilai, menjadi polisi merupakan pekerjaan yang memiliki tekanan tinggi. Meski bimbingan spiritual banyak dilakukan oleh pihak kepolisian, hal itu belum menyentuh secara personal. ”Itu (bimbingan) bersifat massal dan bukan individual,” kata Shinta.

Shinta menilai, perlu ada pembekalan psikologis yang konsisten. Dengan begitu, diharapkan tidak ada penumpukan masalah dalam individu anggota polisi. ”Karena penumpukan masalah memicu terjadi depresi dan frustrasi,” ungkapnya.

Jika seseorang sudah sering menimbun masalah, bisa memicu frustrasi yang berujung pada upaya bunuh diri. Hal itu dilakukan karena korban merasa frustrasi dan tidak punya solusi.

helmi syarif/ r ratna purnama

Berita Lainnya...