Edisi 19-03-2016
Earth Hour Satu Jam Tanpa Listrik


Yuhuuu! Pada hari ini, 19 Maret, gerakan Earth Hour dari komunitas dengan nama yang sama (Earth Hour) kembali dilaksanakan nih Sobat GEN.

Itu loh, acara pemadaman lampu dan peralatan listrik secara serempak yang diadakan setiap memasuki pengujung bulan Maret. Tepatnya berlangsung pada hari Sabtu ini yang jatuh pada malam nanti sejak pukul 20.30 hingga 21.30 waktu setempat. Salah satu program dari World Wildlife Fund (WWF) Indonesia itu sudah berhasil dilakukan sejak 2009 silam.

Dilansir dari situs resminya www.wwf.or.id , gerakan Earth Hour pun telah menjadi bukti bahwa kekuatan publik dapat memberikan dampak yang besar. Menyatukan individu, komunitas dan korporasi untuk melakukan aksi nyata dalam melawan perubahan iklim.

Aksi serentak tersebut dilaksanakan di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Aceh, Padang, Balikpapan, Pontianak, Samarinda, Banjarbaru, Bogor, Bandung, Cimahi, Subang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Malang, Sidoarjo, Palu, Banjarmasin, Mataram, dan tidak lupa, Kota Jakarta. Masing-masing komunitas Earth Hour yang mewakili kota di Indonesia tersebut menyosialisasikan mengenai kampanye Earth Hour dengan beragam cara.

Misalnya komunitas Earth HourMalang yang mengadakan lomba mewarnai dan talkshow #BeliyangBaik untuk mengajak publik menggunakan produk ramah lingkungan, seperti pemakaian tas kain pengganti kantong plastik. Penggiat Earth Hour Bandung juga tak kalah kreatif.

Kampanye Earth Hour akan dikemas dalam nuansa seni melalui gerakan tarian flash mob bertema energi hingga melakukan long march . Harapan Earth Hourbegitu sederhana dan tulus, yaitu agar publik secara berkesinambungan selalu aktif melakukan aksi ramah lingkungan yang dapat dilakukan dimulai dari diri sendiri.

Kegiatan tersebut juga selayaknya harus dibiasakan dan dijadikan sebagai gaya hidup. Jadi, mau berkelit dengan seribu alasan apalagi? Menjaga sekaligus merawat bumi tercinta itu mudah dan murah kok. Cukup berpartisipasi dengan satu jam tanpa listrik yang bisa dilakukan langsung di rumah kamu. Yuk, bergerak!.

RAHMAT MUSTAKIM
GEN SINDO
Universitas Negeri Jakarta

Berita Lainnya...