Edisi 19-03-2016
Jolie Kunjungi Pengungsi di Yunani


Aktris Hollywood Angelina Jolie mengulurkan tangan dan memeluk seorang anak laki-laki pengungsi Suriah saat mengunjungi kamp migran di Lesbos, Yunani, Rabu (17/3) waktu setempat.

Duta Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNHCR) ini melanjutkan upaya kemanusiaannya untuk membantu ribuan pengungsi Suriah yang telantar di Yunani. Kunjungan Jolie ini dilakukan saat para pemimpin Uni Eropa (UE) berkumpul di Brussels untuk membujuk Turki agar membantu mengatasi krisis pengungsi di Eropa.

Wanita berusia 40 tahun ini tiba di Pelabuhan Piraeus setelah sebelumnya mengunjungi para pengungsi di Lebanon. Menurut UNHCR, Yunani menjadi merasakan dampak besar akibat perang sipil Suriah, konflik di Irak dan Afghanistan. Sebanyak 1.000.357 pengungsi memasuki Eropa melalui Yunani sejak Januari 2015.

”Saya di sini memperkuat upaya yang dilakukan UNHCR dan Pemerintah Yunani untuk melakukan aksi tanggap darurat terhadap situasi kemanusiaan ini,” ucapnya, dilansir PEOPLE . Jolie juga memaparkan rencananya di Yunani dengan bertemu sejumlah otoritas, mitra, dan para relawan untuk memperbaiki keadaan dan memastikan para pengungsi terlindungi.

Dia juga mengunjungi kamp pengungsian Idomeni di perbatasan antara Yunani dan Makedonia. Di kamp itu ribuan migran tak dapat melanjutkan perjalanan menuju negara-negara Eropa karena penutupan jalur Balkan. Jolie pun berjanji pada otoritas lokal bahwa dia akan kembali bersama suaminya, Brad Pitt, dan anak-anaknya, Maddox, Zaharah, Shiloh, Pax, Knox, and Vivienne pada musim panas mendatang.

Aktris yang juga sutradara ini sempat membangun hubungan dekat dengan beberapa pengungsi yang dia temui sejak 2014. Salah satunya remaja berusia 13 tahun, Hala, yang kehilangan orang tuanya dan kini tinggal di Lebanon bersama kakaknya. Jolie kembali menemui Hala dan keluarganya untuk makan malam awal pekan ini.

”Begitu banyak anak-anak yang menjadi pengungsi. Saya sering mendengar mereka mengatakan, hal yang paling menyakitkan ialah bukan karena mereka kehilangan rumah, tapi saat mereka kehilangan teman-temannya,” ungkap Jolie.

ananda nararya

Berita Lainnya...