Edisi 29-03-2016
Iot Dalam Alat Transportasi Personal


Ternyata tren ini sampai juga di Indonesia: rideables. Seperti namanya, rideable adalah perangkat yang dapat Anda naiki. Tapi, dilengkapi pula dengan motor elektrik yang cukup mumpuni untuk digunakan untuk bepergian dari satu titik ke titik lain (jarak pendek), serta cukup kecil untuk dibawa misalnya dengan kereta, mobil, bahkan motor.

Rideable bukan hal baru. Tapi, teknologi baterai terbaru, motor elektrik, serta situs-situs crowdfunding membuat popularitas rideable meroket dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang, berbagai pilihan rideable dijual bebas di macam-macam toko online di Indonesia. Mulai skateboard elektrik, unicycle, bahkan scooter. Jenis rideable banyak, fungsi dan cara menggunakannya berbeda.

Mungkin tidak semua cocok dipakai di jalanan Indonesia yang tidak rata. Begitu pun harganya yang masih mahal. Tapi, market rideables saat ini bisa dibilang serupa dengan HDTV. Untuk sementara hanya menyasar early adopter dengan pasar yang relatif kecil.

Namun, seiring waktu, dengan harga yang semakin terjangkau, bukan tidak mungkin perangkat ini dapat menggapai pengguna yang lebih luas. Apalagi melihat bagaimana rideables terhubung ke perangkat seperti smartphone. Seperti apa perkembangan teknologi rideable?

danang arradian