Edisi 29-03-2016
Buku Harian Digital


Media sosial diibaratkan penyanyi cantik Andien sebagai buku harian digital. Dengan mengunggah berbagai konten ke media sosial, secara tidak langsung seseorang tengah membuat sebuah buku harian yang berbentuk digital.

”Dulu kan kita pasti bikin buku harian, lalu cerita hari ini ngapain aja dan berkeluh kesah segala macam. Bahkan ada juga yang buku hariannya lengkap dengan foto atau pernak pernik. Nah, mirip dengan media sosial. Bedanya ada yang privat dan ada yang bisa kita bagi dengan orang lain,” beber Andien. Karena sifatnya yang bisa dilihat oleh orang lain itu, Andien mengharapkan bahwa apa yang di-share ke media sosial juga harus berisikan informasi yang dapat mempengaruhi atau bermanfaat kepada orang lain. ”Jadi tidak sekadar kita suka saja,” katanya.

Andien sendiri sangat rutin dan aktif memposting aktivitas, buah pikiran, maupun perasaannya di media sosial. ”Ya saat ini aku menggunakan beberapa media sosial sekaligus. Karena memang kebutuhannya berbeda-beda. Ada yang untuk fotofoto, ada juga sekadar berbagi momen, dan sebagai alat komunikasi aku dengan kerabat maupun fans,” ujar pemilik nama Andini Aisyah di Senayan City, Jakarta, belum lama ini.

cahyandaru kuncorojati