Edisi 29-03-2016
Internet Cepat Dukung Pertumbuhan Smart home


Walau masih terhitung baru, smart home menjadi inovasi teknologi yang sedang populer di Indonesia saat ini. Konsep smart home memungkinkan Anda melakukan berbagai hal di rumah hanya melalui satu aplikasi.

Smart home adalah suatu ide di mana pemilik rumah dapat mengatur semua bagian di rumahnya dengan menggunakan sistem yang terintegrasi ke smartphone atau gadget lainnya. Fungsinya nanti tak sekadar peralatan biasa karena memiliki fitur cerdas. Sudah banyak yang meramalkan bahwa dalam satu dekade ini, semua peralatan elektrik di rumah akan terhubung dengan internet. Teknologi juga akan menjadi industri yang seksi dalam beberapa tahun ke depan.

Tapi, ada anggapan bahwa di Indonesia konsep smart home dinilai terlalu mahal untuk diwujudkan. Saya harus mematahkan pernyataan itu. Ternyata smart home justru bisa dijangkau oleh masyarakat. Sebenarnya, konsumsi internet cepat masyarakat kelas menengah ke atas kini sudah sangat tinggi. Dari sinilah smart home akan bisa masuk dengan mudah. Meskipun pangsa pasar smart home masih terbatas pada kalangan menengah ke atas yang memang mempunyai mobilitas tinggi setiap harinya.

Tapi, kebutuhan akan efisiensi waktu sangat diperlukan bagi kelas ini. Penetrasi internet cepat pun akan mendorong hadirnya realisasi smart home. Sebagai contoh, sudah banyak rumahrumah yang mengandalkan CCTV untuk sistem keamanan dan sudah terkoneksi ke internet. Hal ini juga dinamakan smart home.

Sekali lagi, smart home adalah sebuah konsep inovasi teknologi yang memudahkan manusia untuk melakukan berbagai macam aktivitas hanya dalam satu perangkat yang terhubung dalam satu konektivitas, yakni internet. Patut dicatat bahwa smart home tidak hanya menawarkan fitur keamanan, melainkan konsep menyeluruh mengenai pengelolaan rumah yang baik, yang meliputi banyak aspek di dalamnya.

Selain aspek keamanan, smart home juga menawarkan penghematan energi dan kontrol penuh atas apa yang terjadi di rumah. Ingin menghidupkan AC sepulang kerja? Atau meredupkan lampu tanpa bangun dari sofa ruang keluarga? Anda bisa melakukannya dengan hanya menekan tombol pada smartphone. Para produsen teknologi sepertinya sudah sadar, bahwa kebutuhan pengguna akan smart home lebih pada kumpulan produk teknologi canggih yang secara umum membantu mempermudah berbagai urusan yang kita kerjakan sehari-hari.

Lewat teknologi smart home peralatan rumah dan seisinya bisa bekerja otomatis menyesuaikan kebutuhan manusia. Mulai dari saat membuka mata di pagi hari, rumah mulai bereaksi memenuhi keinginan penggunanya. Lampu akan otomatis menyala secara perlahan untuk memastikan Anda bangun pada waktu yang ditentukan.

Dari tempat tidur, pengguna bisa menyalakan mesin pembuat kopi sehingga secangkir kopi panas bisa sudah siap saat turun untuk sarapan. Memasuki kamar mandi, ada depan cermin pintar yang pantulannya bisa memberikan informasi yang dibutuhkan untuk memulai hari, termasuk ramalan cuaca dan berita terbaru. Alat ini juga bisa memainkan musik favorit untuk membangkitkan mood pengguna.

Misalnya, sebagian besar orang mungkin juga tertarik menggunakan kulkas yang dapat memberikan notifikasi jika persediaan sayur sudah mau habis. Dengan sentuhan jari di layar kulkas, pengguna bisa langsung memesan semua belanjaan untuk minggu itu melalui pembelian online.

Konsep rumah seperti ini tidak lama lagi akan menjamur di Indonesia karena kemudahan yang ditawarkan. Saat ini pun sudah banyak peralatan dapur yang saling terhubung dan bisa dipakai melalui internet.

Ade Tjandra
Direktur Komersial MNC Play