Edisi 29-03-2016
Memaksimalkan Ruang Simpan di iPhone


Membaiknya kualitas kamera (untuk merekam foto dan video), semakin cepat koneksi internet, dan semakin aktifnya seseorang di sosial media adalah sejumlah faktor yang membuat orang lebih sering untuk memproduksi dan menyimpan konten.

Hasilnya, kapasitas memori internal sebesar 16 GB terasa sangat kecil. Satu buah foto saja sudah berukur beberapa megabit (MB). Belum lagi video pendek. Di Android, pengguna selalu memiliki opsi untuk menambah kartu memori eksternal yang ukurannya hingga mencapai 200 GB. Tapi, bagaimana dengan pengguna iOS? Nah, berikut adalah tips bagaimana menyimpan file baik foto atau video ketika ruang penyimpanan di iPhone Anda sudah semakin menipis.

SALIN DI CLOUD
Jika Anda memiliki akun Google, silakan memaksimalkan layanan Google Photos. Google Photos bisa Anda gunakan untuk membackup foto-foto yang tersimpan pada Camera Roll di perangkat iPhone. Layanan tersebut secara pintar akan menghapus fotofoto yang sudah lebih dari 30 hari, sehingga Anda bisa mendapat ruang penyimpanan tambahan. Tenang saja, layanan foto Anda tetap tersimpan di cloud milik Google. Alternatif lain adalah menggunakan Dropbox. Sistem kerjanya hampir serupa. Anda dapat menggunakan layanan gratis sebesar 2 GB, dan harus membayar untuk layanan tambahan.

MENGHAPUS LAGU OFFLINE
Lagu yang tersimpan di iPhone mengonsumsi cukup banyak memori. Mengapa tidak memaksimalkan layanan streaming berlangganan? Misalnya Apple Music, Deezer, atau Spotify. Cara ini lebih praktis dibandingkan menyimpan lagu di iPhone yang itu-itu saja. Nah, untuk menghapus, mudah. Caranya, masuk ke Settings > General > Storage & iCloud Storage > Manage Storage > Music. Selanjutnya tap Edit pada pojok kanan atas dan hapus musik-musik yang sudah jarang Anda dengarkan. Atau malah beralih sepenuhnya ke streaming.

INSTALL ULANG APLIKASI
Aplikasi-aplikasi yang memuat banyak gambar seperti Path, WhatsApp, bahkan Instagram dapat “membengkak” ukurannya setelah digunakan beberapa lama. Menghapus dan menginstall ulang aplikasi dapat mengembalikan ruang penyimpanan yang digunakan. Dengan menghapus aplikasi, Anda juga menghapus data-data yang tersimpan dalam aplikasi tersebut. Caranya lihat dahulu aplikasi yang memakan ruang penyimpanan besar melalui Settings > General > Storage & iCloud Storage > Manage Storage. Setelah menemukan aplikasi tersebut, Anda dapat langsung menghapusnya dengan memilih Delete App dan menekan tombol konfirmasi pada pop up yang muncul.

HAPUS APLIKASI YANG JARANG DIPAKAI
Ada baiknya Anda melihat kembali aplikasi-aplikasi ada di ponsel. Jika terdapat ada aplikasi yang jarang atau sudah tidak lagi digunakan, hapus saja. Alternatif lain adalah menghapus aplikasi yang dapat diakses melalui Safari seperti Facebook. Cara menghapus aplikasi di iOS pun mudah, cukup tekan dan tahan pada ikon aplikasi hingga muncul tanda ‘x’ di pojok kiri atas untuk menghapus.

HAPUS HISTORY DI BROWSER
Meski tak akan menambah lega ruang penyimpanan di iOS secara signifikan, namun tak ada salahnya mencoba menghapus data atau history yang tersimpan di browser seperti Safari. Caranya masuk ke Settings > Safari > Clear History and Website Data. Tekan Clear History and Data pada pop up yang muncul. Selamat mencoba!

binti mufarida