Edisi 10-04-2016
Menikmati Yoga dengan Kegembiraan


YOGYAKARTA - Antusiasme warga mewarnai kegiatan Yoga Festival 2016 yang diadakan MNC Channels di pelataran Candi Ratu Boko, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, kemarin.

Sedikitnya 600 peserta ambil bagian untuk memeriahkan kegiatan ini. Mereka tidak hanya datang dari Yogyakarta, melainkan juga dari kota lain seperti Solo, Semarang, bahkan Jakarta. Yoga Festival 2016 sebelumnya juga sukses diselenggarakan di Jakarta, Bandung dan Bali. Yogyakarta menjadi kota terakhir penyelenggaraan event ini. Melalui kegiatan ini masyarakat diajak untuk menganut gaya hidup sehat melalui olahraga yoga.

Kemasan yoga pada festival ini terbilang unik karena para peserta tidak melakukan gerakan seperti yoga pada umumnya yang mengutamakan sikap diam dalam keheningan. Penyelenggara memasukkan unsur fun sehingga peserta bisa menikmati suasana keceriaan dan kegembiraan. Ada tiga kelas yang disediakan, yakni kelas Campur Sari, Yoga Temple dan Rave Yoga. Masing-masing kelas berdurasi 45 menit sampai satu jam. Kelas Campur Sari yang dipimpin oleh instruktur Hengki membuat para peserta terlihat lebih rileks dalam alunan musik campur sari.

Suasana asri wilayah Candi Ratu Boko yang menyajikan udara sore yang segar membuat peserta terlihat makin menikmati kegiatan ini. Pada kelas Yoga Temple, beberapa peserta tampak sedikit kesulitan mengikuti gerakan yang terbilang sulit, namun mereka tetap antusias dan berupaya mencoba gerakan-gerakan yang membutuhkan konsentrasi tinggi tersebut.

Adapun kelas Rave Yoga adalah yang paling banyak diminati peserta kalangan anak muda karena mengombinasikan antara gerakan yoga dan iringan house music. Perpaduan gerakan dan musik yang mengentak membuat suasana Candi Ratu Boko sore kemarin makin meriah. Marketing Division Head MNC Media Troy Fridatama mengatakan, salah satu alasan Yogyakarta terpilih menjadi penyelenggara karena minat warga untuk mengikuti kegiatan ini sangat besar.

Dipilihnya lokasi Candi Ratu Boko bertujuan agar semakin banyak masyarakat yang mengunjungi situs bersejarah tersebut. ”Selain itu peserta yoga dapat melihat spot sunset di candi selama proses yoga berlangsung,” ujarnya kemarin. Peserta yang datang ke festival ini, kata dia, tidak hanya perorangan. Beberapa komunitas yoga juga berpartisipasi.

”Melalui even ini kami ingin memberikan informasi kepada masyarakat bahwa olahraga yoga dapat dilakukan dengan fun , serta dapat diikuti seluruh lapisan usia dan tidak identik dengan olahraga mahal,” papar Troy. Salah satu peserta yoga, Sari Pujianti, mengaku tertarik mengikuti kegiatan ini karena menyajikan sesuatu yang berbeda.

”Saya memang hobi olahraga yoga. Tapi saya tertarik ikut festival ini karena ingin mencoba kelas Yoga Campur Sari dan kelas Yoga Temple,” tuturnya.

Windy anggraina