Edisi 10-04-2016
Efek Semburat Cahaya


Kemampuan aplikasi foto editor untuk mengubah gambar tak bisa dimungkiri memang sangat berguna. Mulai proses sederhana kamar gelap seperti menerangkan dan menggelapkan gambar, melakukan crop agar komposisi lebih padat hingga beragam proses kreatif supaya foto terlihat semakin menawan. Salah satunya adalah membentuk semburat cahaya guna memperindah komposisi.

Tanpa aplikasi, semburat cahaya dalam komposisi pun bisa dibentuk saat proses memotret. Memotretlah ke arah matahari atau sumber cahaya dan gunakan diafragma setipis-tipisnya yang bisa dijangkau lensa. Semakin tipis diafragma, f/22 atau f/32, akan membuat semburat cahaya matahari dalam hasil foto terlihat. Teknik ini dapat diterapkan dengan menggunakan kamera DSLR saat memotret.

Sedikit sulit jika menerapkannya dengan kamera compact karena bukaan diafragma pada kamera compact tidaklah terlalu tipis sehingga hasilnya kurang maksimal. Mengatasi hal tersebut, penggunaan aplikasi foto editor dapat untuk menciptakan efek semburat cahaya dalam komposisi foto.

Berikut ini langkah-langkah sederhana yang bisa diterapkan melalui aplikasi Photoshop. Tak harus selalu foto lanskap di tepian pantaisepertidicontohkandalamtulisanini, teruslah berkreasi dengan foto lanskap lainnya.

Arie yudhistira