Edisi 17-04-2016
Gabungkan Keindahan Desain dan Kemampuan Jelajah


Speedboat mewah ini dapat membuat pengendaranya terguncang, tapi tidak akan mabuk laut. Produsen mobil mewah Aston Martin merilis desain speedboat itu untuk pertama kali pekan ini.

Perusahaan itu berharap dapat memproduksi sejumlah powerboat yang tentu saja akan menggunakan teknologi tinggi dan mewah, seperti mobil yang mereka buat. Aston Martin menyatakan, kapal itu merupakan hasil riset dan pengembangan bertahun-tahun, menantang status quo di dunia pelayaran.

”Menggabungkan dunia maritim dan automotif dengan karakteristik universal untuk gaya dan elegansi, inti AM37 menawarkan keseimbangan sempurna untuk desain dan teknik, kinerja dan kenyamanan, kemewahan dan fungsi,” papar pernyataan Aston Martin, dikutip Daily Mail . Desain kapal itu ditunjukkan untuk pertama kali saat acara Milan Design Week, Salone del Mobile.

”Benar bahwa bentuk yang cantik dan sederhana penting untuk kesuksesan produk tapi juga harus memiliki drama, yang diberikan dengan bahasa permukaan, proporsi, dan melalui pilihan material yang luar biasa,” ujar Chief Creative Officer (CCO) Aston Martin Marek Reichman.

”Atribut paling penting bagi Aston Martin ialah bahasa desain dan kami telah memindahkan bahasa ini ke AM37. Powerboat baru mewakili kombinasi ideal kemewahan dan bahan baku teknik, menghasilkan produk akhir yang hebat,” kata Reichman. Quintessence Yachts bekerja untuk desain kapal tersebut. ”Di Quintessence Yachts, kami menerjemahkan desain dalam teknologi dan fungsi untuk meningkatkan pengalaman konsumen,” kata Chief Executive Officer(CEO) Quintessence Yachts Mariella Mengozzi.

”Kami bangga menampilkan berbagai elemen AM37 di Milan Design Week, kapal yang mewakili seluruh konsep baru untuk dunia yacht,” tegas Mengozzi. Para pemilik akan menggunakan tablet untuk mengontrol kapal itu dan juga dapat menggunakan aplikasi untuk menyalakan pengatur suhu udara, kulkas, dan mesin kopi sambil masih berada di rumah atau dalam perjalanan menuju marina.

Sistem navigasi, monitor kontrol, dan hiburan, semua terintegrasi dalam layar sentuh 15 inci yang juga dapat dikendalikan dengan suara. Para pemilik akan memiliki kluster mereka sendiri dengan layar untuk memonitor status mesin dan navigasi. Kapal itu juga tidak memiliki kunci, tapi pemilik AM37 akan menggunakan sensor sidik jari. ”Salon edel Mobile merupakan tempat sempurna untuk menunjukkan desain AM37, proyek lain dari portofolio Art of Living Aston Martin,” ungkap Managing Direktor AM Brand Katia Bassi.

”Kami senang membagikan detail dan desain powerboat menjelang peluncurannya akhir tahun ini. Kami perlu membuka dunia kami ke air,” papar Direktur Desain Aston Martin Marek Reichman. Kapal AM37 akan mulai diproduksi akhir tahun ini. Akan ada dua versi kapal yakni AM37 standar dengan kecepatan maksimal 50 knot atau 58 mil per jam.

Adapun, seri AM37 Sportier akan mampu mencapai kecepatan 60 knot. Kapal yang dirakit dengan tangan itu akan dihiasi dengan karya seni dari kayu dan kulit. Bagian interior akan menampilkan layar sentuh high-definition (HD) yang dapat bekerja dengan tombol, kontrol jarak jauh, atau perintah suara.

Akan ada dua kapten yang mengoperasikan kapal yang dapat mengangkut delapan orang penumpang itu. Reichman menjelaskan, kapal itu diciptakan sesuai pendekatan brand ”hati di atas pikiran” untuk menciptakan desain kreatif. Filosofi ini pula yang telah membawa perusahaan itu disegani di dunia mobil sport. ”Ini mengambil inspirasi dari model mobil dunia yang belum pernah dilihat. Itu salah satu alasan mengapa kapal ini akan memiliki umur panjang,” kata Reichman.

Kapal itu memiliki pola bagian buritan seperti bagian belakang mobil modern Aston Martin. Fitur unik lainnya ialahdek yang memiliki bagian penutup canggih. ”Ini keseimbangan kecantikan dan teknik. Prinsip sama diterapkan di sini, seperti juga pada mobil,” papar Reichman.

ananda nararya