Edisi 17-04-2016
HUT Ke-8, ASC Launching 2 Buku


Menandai hari jadinya yang ke-8, The Ary Suta Center (ASC) menerbitkan dua buku sekaligus. Yaitu buku berjudul Mencari Makna Kebahagiaan , karya Dr John Situmeang dan buku The Ary Suta Center Series on Strategic Manajement .

Keduanya merupakan edisi special yang diterbitkan dalam rangka hari ulang tahun ASC, pada 12 April ini. Melalui buku Mencari Makna Kebahagiaan , John membeberkan hasil permenungannya mengenai makna kebahagiaan serta bagaimana cara menggapai kebahagiaan tersebut. ”Saya ingin menginspirasi masyarakat dalam menemukan kebahagiaan,” kata John Situmeang pada sesi bincang buku di Hotel Ritz Carlton, Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (12/4).

Penulis menunjukkan fakta bahwa tidak sedikit orang di abad modern ini yang bekerja keras, mencurahkan seluruh tenaga mereka untuk memiliki uang, menumpuk harta dan memobilisasi kekuasaan. Banyak orang sukses mengumpulkan uang, harta, dan kekuasaan. Namun, pada saat bersamaan mereka mengabaikan tujuan hidup yang sebenarnya, yaitu kebahagiaan.

Mereka gagal menikmati kehidupan. Uang, harta, dan kekuasaan memang perlu dicari. Sebab, dengan memiliki uang manusia bisa memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi, menurut John, pemenuhan kebutuhan tidak pernah terpuaskan. Sebab, begitu satu kebutuhan terpenuhi, selalu muncul kebutuhan baru yang lebih tinggi.

”Tujuan akhir setiap karya manusia adalah kebahagiaan. Kebahagiaan itu yang harus dicari, harus ditemukan, dan harus dibentuk. Aristoteles mengingatkan uang, harta, dan kekuasaan hanyalah tujuan antara. Kesuksesan mengumpulkan uang bukanlah wujud kebahagiaan, karena uang tidak bisa menciptakan jiwa yang tenang dan damai,” papar John. Untuk mencapai kebahagiaan, menurut John, ada tiga unsur penting yang harus diperhatikan.

Pertama , bahwa kebahagiaan itu ada dalam diri manusia, bukan pada objek di luar dirinya. Temukan kebahagiaan itu di dalam diri kita. Ada banyak hal dalam diri kita yang patut disyukuri dan menjadi orang yang bahagia. Kedua , kita harus menjadi orang yang baik. Artinya, kebaikan itu tidak ditujukan untuk diri sendiri, tapi juga untuk erang lain, kebaikan alturistik. Ketiga , sehubungan dengan itu kita harus menjadi orang yang bermakna atau berguna bagi orang lain.

Sementara itu The Ary Suta Center Series on Strategic Manajement -buku edisi istimewa ke-33 sejak ASC berdiri 2008 lalu- berisi kumpulan tulisan beberapa doktor terkemuka. Pendiri sekaligus ketua ASC Dr I Putu Gede Ary Suta menjelaskan, penerbitan kedua buku edisi istimewa tersebut merupakan bagian dari komitmen ASC dalam mencerdaskan bangsa.

Tugas mencerdaskan bangsa, kata Putu, bukan melulu tanggung jawab negara sebagaimana diamanatkan konstitusi. ASC mengumpulkan pemikiranpemikiran cerdas anak bangsa dalam bentuk buku. Ini merupakan bagian dari komitmen ASC dalam hal sedekah ilmu.

”Kita (ASC) menerbitkan secara berkala 1 buku setiap tiga bulan. Buku tersebut berisi 7-8 artikel dari penulis yang kompeten di bidangnya. Dan setiap Ulang Tahun ASC pada 12 April, ASC wajib terbit edisi special. Kami menerbitkan buku sebagai bentuk sedekah ilmu kepada orang lain,” jelas peraih Doktor Strategic Management UI itu.

Tidak hanya menerbitkan buku, ASC juga menyelenggarakan lomba menulis setiap tahun dengan mengangkat tema yang aktual. Tahun ini tema yang diangkat adalah Ecological Intelligence Based Leadership, Strategy and Ctitical Thinking.

donatus nador