Edisi 17-04-2016
Madagaskar, Teater Kehidupan


Teater merupakan medium yang sangat baik bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Di dalam teater terkandung berbagai nilai kehidupan—estetis, etis, edukatif—yang sangat diperlukan bagi keseimbangan perkembangan anak.

Teater Musikal Madagaskar Live yang akan dihadirkan Sorak Gemilang Entertainment dan 7 Kings Entertainment di Tanah Air, salah satu pertunjukan yang sarat dengan nilai kehidupan. Direktur Marketing Sorak Gemilang Entertainment Mervi Sumali mengatakan, teater musikal Madagascar Live akan tampil di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Serpong, Tangerang, 5-7 Mei nanti.

Sebagai sebuah promotor hiburan, lanjut Mervi, Sorak Gemilang Entertainment ingin menghadirkan pertunjukan yang bertaraf internasional dengan nilai moral yang ada dalam cerita pertunjukan dengan menyasar pangsa keluarga. Dia mencontohkan, hadirnya Madagascar Live ke Indonesia merupakan wujud dari visi yang dibawa Sorak sebagai sebuah promotor yang ingin menyajikan tontonan yang ramah, menghibur, dan edukatif untuk keluarga.

Pada kesempatan sebelumnya, Sorak Gemilang Entertainments juga menghadirkan Broadway Musikal Sound of Music yang juga merupakan tontonan keluarga. ”Kami ingin menghadirkan pertunjukan yang bertaraf internasional, sekaligus dapat dipetik nilai moralnya bagi penonton keluarga,” katanya.

Cerita Madagascar menurutnya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Teater musikal yang diadaptasi dari film Madagascar karya Dream Works ini banyak mengandung nilai moral serta cocok ditonton oleh semua kalangan.

Dia menuturkan bahwa pertunjukan Madagascar Live dapat menghibur, menyajikan seni tari, nyanyian, akting yang bisa merangsang anak-anak untuk dapat tampil ke arah yang lebih positif. Intinya, secara keseluruhan, Madagascar Live adalah pertunjukan teater yang sangat direkomendasikan bagi keluarga. ”Sangat cocok ditonton anakanak, sangat bagus menjadi tontonan keluarga,” katanya.

Dia melanjutkan, dalam kehidupan masyarakat kota besar yang sibuk seperti Jakarta dan kota-kota lainnya, banyak para orang tua yang kehilangan waktu bersama keluarga. Dengan hadirnya Madagascar Live di Indonesia, hal itu harus dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi para keluarga untuk menghabiskan akhir pekannya menonton Madagascar Live.

Menonton teater merupakan hal yang dapat membawa pengaruh positif utamanya anak-anak. Pengaruh positif yang didapat antara lain dapat menimbulkan nilai gotong royong dan kerja sama, percaya diri, empati, hingga membangkitkan kreasi berpikir. Dia pun mengutip kata-kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan bahwasanya seni teater adalah penyeimbang antara intelektualitas berpikir dan perilaku. ”Kalau kata Pak Anies, seni teater adalah penyeimbang,” katanya.

Beda halnya dengan pertunjukan Sound of Music yang merupakan seni teater Broadway , Madagascar Live merupakan pertunjukan teater musik yang menerapkan konsep live arena. Live arena merupakan pertunjukan dengan musik lipsing. Namun begitu, kualitas hiburan yang ditampilkan Madagascar Live tidak kalah dengan pertunjukan Sound of Music .

Bahasa yang digunakan dalam Madagascar Live adalah bahasa Inggris. Namun, akting para pemain Madagascar Live dalam balutan kostum binatang sangatlah baik sehingga dapat memudahkan para penonton yang tidak paham bahasa Inggris. Terlebih, aksi para pemain Madagascar Live dijamin kocak dan mampu membuat penonton tertawa. ”Pakai bahasa Inggris, tapi akting pemainnya bagus-bagus. Lucu dan juga energik sekali,” katanya.

Sementara itu, CEO 7 Kings Entertainment Aldo Menayang menilai film Madagascar yang cukup populer di Indonesia membuat antusiasme masyarakat cukup tinggi. Hal itu terbukti dari tweet yang dilemparkan promotor tentang rencana pertunjukan Madagascar Live mendapat feedback yang tinggi dari para pengguna Twitter. Dengan adanya antusiasme tinggi dari para pencinta film Madagascar akan hadirnya Madagascar Live ke Indonesia, Aldo positif dapat memenuhi target penonton.

Dengan jumlah 2.500 kursi yang tersedia di ICE, popularitas film Madagascar diharapkan dapat mengundang penonton dan keluarga- keluarga Indonesia. ”Kita positif target akan tercapai karena Madagascar merupakan film populer yang sangat menghibur,” katanya.

Popularitas film Madagascar sangat terbukti di seantero dunia. Buktinya, dia mengatakan telah banyak negara didunia yang mendatangkan Madagascar Live dan mementaskannya. Sebelum berkunjung dan pentas di Indonesia, Madagascar Live melawat ke negara-negara di Timur Tengah seperti Qatar dan Turki.

imas damayanti