Edisi 19-04-2016
Siap Bersaing di Pasar Ride Sharing


SETELAH hadir dengan branding UberMOTO di Thailand dan India, Uber akhirnya meluncurkan layanan UberMOTOR di Jakarta. UberMOTOR akan berkompetisi dengan Go-Jek dan GrabBike yang sudah lebih dulu beroperasi.

Lantas, apa keunggul - annya? Mereka mengklaim menjadi layanan ojek online termurah dengan tarif dasar Rp1000, kemudian tarif per km Rp1000 atau per menit Rp100 Rupiah. Kehadiran layanan berbasis ojek Uber di Jakarta sudah dapat diperkirakan setelah mereka meluncurkannya di Thailand akhir Februari lalu. Tak bisa dipungkiri bahwa dengan kondisi lalu lintas Jakarta yang padat, transportasi berbasis kendaraan roda dua menjadi alternatif solusi yang tepat untuk me - nembus kemacetan.

Di Indonesia, Uber masih dikenal dengan layanan pemesanan transportasi online plat hitam yang bersaing sengit dengan GrabCar. Memang belum bisa menentukan siapa pemenang di antara Uber dan GrabCar. Seakan belum puas bersaing dengan GrabCar, Uber justru memasuki ranah persaingan baru yang lebih besar melalui UberMOTOR. Uber berekspansi pada ranah yang belum ada peraturannya yakni ojek. Memang, Uber menyebutkan ketersediaan layanan UberMOTOR masih akan terbatas.

Karena itu mereka mengundang pengemudi ojek untuk menjadi mitra. Dengan jumlah pengemudi Go-Jek dan Grab yang sudah berjumlah puluhan ribu di Jakarta saja, menjadi pertanyaan apakah bakal ada puluhan ribu pengemudi ojek lain yang belum bergabung dengan kedua layanan tersebut. Hingga saat ini masih belum jelas juga apakah Uber akan memberikan asuransi untuk setiap perjalanan menggunakan UberMOTOR, padahal hal tersebut sudah diusulkan menjadi hal wajib untuk layanan ojek online.

Namun, ada keyakinan bahwa Uber bisa mengambil sepotong marketshare yang signifikan di sektor ojek berbasis aplikasi ini. Meski memang cukup pesimis bahwa layanan UberMOTOR bisa bertahan dengan baik di tengah persaingan Go-Jek dan GrabBike. Untuk mendorong konsumen mencoba layanan UberMOTOR, Uber menawarkan perjalanan gratis bagi pengguna pertama hingga 11 Juli 2016 menggunakan kode promosi “UBERMOTOR”.

Dibandingkan Go- Jek, Uber menawarkan fleksibilitas pembayaran yang lebih luas, serupa dengan Grab, melalui uang tunai, kartu debit (Mandiri), dan kartu kredit. Yang jelas, kehadiran UberMOTOR bakal menjadi lawan yang lebih seimbang ketimbang LadyJek atau Blu-Jek yang sudah tidak terlihat lagi di jalanan Jakarta.

Binti mufarida