Edisi 19-04-2016
TV yang Memahami Penggunanya


TIDAK hanya penjualan perangkat komputer desktop yang kena imbas meledaknya penjualan smartphone di pasar perangkat elektronik, perangkat televisi pun ikut tergeser apalagi memiliki life cycle yang cukup lama.

Pandangan tersebut diakui secara tersirat oleh Yanus Sularto Kencana, General Manager Production Factory Cibitung LG Electronics Indonesia saat mengajak awak media mengunjungi pabrik milik LG yang dikhususkan sebagai pemasok perangkat televisi, belum lama ini. “Kami di industri televisi mau tak mau harus ikut berpacu mengikuti perkembangan,” jelas Yanus, sapaan akrabnya sembari mengajak awak media berkeliling di pabrik seluas 15 hektar dengan 890 pegawai tersebut.

Meski hanya menghadirkan tiga produk saja, namun pihak LG yakin bahwa perangkat televisi mereka akan menjawab tantangan industri dan perkembangan teknologi. Tapi, apa value yang ditawarkan? Product Marketing TV LG Electronics Indonesia Kevin A. Bunthara mengungkap bahwa peningkatan yang dilakukan terhadap perangkat televisi terletak pada kualitas visual yang dihasilkan, serta teknologi yang terintegrasikan perangkat smartphone, serta internet.

”4K menjadi salah satu fokus kami dalam visual. Mengingat kini beragam perangkat mulai menghadirkan kemampuan untuk menghasilkan foto maupun video serta konten lainnya yang berkualitas 4K,” beber Kevin. Setelah kualitas, teknologi yang terintegrasi dengan perangkat gadget yang selalu digenggam oleh konsumen juga harus ada. ”Smart TV akan memiliki pasar luas, mengingat semua fitur teknologi yang memahami penggunanya akan sangat diminati.

Dalam Smart TV LG, pengguna dapat melakukan banyak kustomisasi sehingga nanti televisi akan terus mengikuti dan memahami habit pengguna dalam menikmati konten hiburan yang umumnya dinikmati di smartphone,” papar Kevin. Pabrik LG yang terletak di Cibitung berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas produksinya hingga tujuh kali lipat yaitu menjadi 350 unit per bulan untuk produk OLED TV seperti LG OLED TV 4K yang dihargai Rp70 juta untuk ukuran 65 inci.

Sementara untuk varian UHD TV yakni LG UHD TV 4K ukuran 65 inci seharga Rp44,9 juta dan LG Smart TV WebOS 55 inci seharga Rp13,9 juta produksinya akan ditingkatkan menjadi 7.000 unit per bulan.

Cahyandaru kuncorojati