Edisi 19-04-2016
Ulasan Job Marketplace Untungkan Perusahaan


LAYANAN job marketplace atau matchmaker kian banyak. Namun, benarkah layanan semacam ini mengancam kerahasiaan sebuah tempat kerja? Jawaban tegas menolak hal tersebut datang dari Veronika Linardi, perempuan cantik pendiri startup Qerja.

Menurut Veronika, layanan job marketplace dan fitur ulasan yang diberikan oleh Qerja justru sangat membantu dua belah pihak. Yakni pencari kerja dan perusahaan yang menyediakan lapangan pekerjaan. “Selain memperoleh informasi mengenai lowongan karier yang dibuka, pencari kerja juga bisa membayangkan bagaimana jika mereka kerja di sana. Apakah nyaman atau enggak,” ucap Veronika.

Baginya, ulasan mengenai sebuah tempat kerja wajib ada. Untuk melakukan hal itu, Qerja menyediakan ulasan mengenai perusahaan langsung dari pegawai/karyawan yang di rahasiakan identitasnya. ”Iya ulasannya harus jujur dan sesuai dengan keadaan di lapangan. Jadi kalau ada perusahaan yang komplain kepada kami ya harusnya mereka harus berkaca dan cari tahu,” tandas Veronika.

Dia mengaku bahwa selama ini justru kebanyakan perusahaan yang ulasannya ada di Qerja justru berterima kasih kepadanya karena artinya mereka mendapat koreksi atau kritik penting.

“Perusahaan dapat melakukan evaluasi, misalnya kenapa pergantian pegawai sangat cepat sedangkan pegawai yang mengundurkan diri adalah mereka yang memiliki kemampuan baik. Jadi jangan cuman mengincar SDM terbaik saja namun kualitas tempat kerjanya juga harus sesuai dengan SDM yang dibutuhkan,” jelas Veronika.

Cahyandaru kuncorojati