Edisi 19-04-2016
Yang Penting Harus Berani


INDUSTRI startup di bidang teknologi saat ini memang masih di dominasi kaum lakilaki. Tapi, sebenarnya perempuan mempunyai kesempatan yang sama untuk berkarier di industri serupa.

Meski, masih banyak pemikiran yang menyebut perempuan masih takut mempelajari dan mengenal lebih jauh dunia teknologi. Angel investor dan pendiri sejumlah startup di bidang kesehatan Grace Tahir mengatakan, yang diperlukan hanya lah keberanian yang cukup besar untuk memulai suatu usaha. “Ide mengembangkan usaha atau startup bisa saja dimulai dari hobi. Namun jika ingin sukses, entrepreneur perempuan tentu harus bisa lebih serius mengembangkan usaha sehingga bisa menjadi lebih besar dan tahan lama,” bebernya.

Kurangnya informasi atau pengetahuan tentang teknologi oleh entrepreneur perempuan, ungkap Grace, tidak terlalu berpengaruh terhadap kemampuan mereka menjalankan usaha selama didukung oleh pihak-pihak yang tepat dan tentunya relevan untuk bisnis.

Dan yang paling penting menurut Grace adalah ini: ”kelihaian entrepreneur perempuan Indonesia bisa mengatasi semua barrier, hambatan dan tantangan yang ada menjadi sebuah pemicu untuk menciptakan peluang baru dan tampil lebih di antara kalangan entrepreneur lainnya, baik perempuan maupun laki-laki,”.

binti mufarida