Edisi 19-04-2016
Mengincar UKM dan Startup


BERTEMPAT di The Hook, Jakarta, Kamis (14/4) silam, Microsoft Indonesia mencoba menyegarkan kembali keunggulan Skype for Business.

Menggandeng INOV, Microsoft mulai membidik pasar perusahaan rintisan dan usaha kecil menengah sebagai penggunanya. Skype for Business sendiri sebenarnya telah hadir di pasar Indonesia sejak setahun silam. Indonesia, menurut Microsoft, adalah negara dengan tingkat mobilitas tertinggi di Asia Pasifik, sekitar 40 persen-50 persen waktu pekerja dihabiskan untuk meeting di tempat-tempat berbeda.

Masalahnya adalah rangkaian meeting ini dapat menghabiskan waktu di jalan, apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta yang identik dengan kema - cetan. Microsoft coba menjawab kebutuhan tersebut lewat produk Skype for Business yang merupakan solusi komunikasi bisnis lengkap dengan menyediakan fitur voice call, business video conference, cloud PABX, remote desktop control, dan sharing files. Hal ini diklaim Microsoft dapat mengefisiensikan kebutuhan meeting, misalnya mengurangi biaya, fleksibilitas waktu, dan menciptakan iklim kolaborasi.

Office Business Group Head Microsoft Indonesia Lucky Gani mengungkapkan bahwa solusi enterprise ini sebenarnya sudah tersedia sejak tahun lalu di Indonesia dengan nama berbeda, Microsoft Lync. Namun sejak April 2015, Microsoft mengubah namanya menjadi Skype for Business dengan alasan lebih dikenal. Khusus untuk pasar Indonesia, Microsoft menyediakan paket Small Medium Business lewat kemitraan dengan PT INOV Perdana Teknologi (INOV).

Melalui kemitraan ini, INOV akan membantu menyediakan layanan kebutuhan Skype for Business di sisi konsumen mulai dari pelatihan, support, hingga integrasi Skype for Business Environment dengan sistem yang sudah ada di perusahaan. INOV sendiri adalah perusahaan yang fokus dalam memberikan solusi ICT untuk Indonesia sejak 18 tahun silam.

”Kami memiliki paket-paket Skype for Business yang disesuaikan dengan kebutuhan usaha kecil dan menengah maupun perusahaan besar. Pengguna dapat memilih sendiri paket yang sesuai dengan kegiatan usaha mereka,” tegas Marketing Manager INOV Febbie Cyntia.

Febbie optimistis paket yang disediakan dapat diterima oleh pasar Indonesia yang sedang bergairah dengan pertumbuhan startup. Harga yang ditawarkan untuk small medium business dimulai dari Rp74.999 per bulan.

Binti mufarida