Edisi 27-04-2016
Hillary dan Trump Dominasi Lima Negara Bagian


Lima negara bagian Amerika Serikat (AS) kemarin menggelar primary (pemilu pendahuluan) yang penting dalam pertarungan menuju Gedung Putih.

Kandidat calon presiden (capres) dari Partai Demokrat Hillary Clinton berupaya mengalahkan Bernie Sanders. Adapun kandidat capres dari Partai Republik Donald Trump kian percaya diri mengungguli lawan-lawan yang bersatu untuk menjegalnya. Kemenangan di Connecticut, Delaware, Maryland, Pennsylvania, dan Rhode Island akan membawa Hillary meraih nominasi Demokrat.

Kemenangan itu akan jadi langkah monumental bagi Hillary untuk mimpinya menjadi presiden AS perempuan pertama. ”Saya belum mendapat nominasi. Kami sedang bekerja sangat keras hingga pemungutan suara ditutup besok,” ujar Hillary di acara kampanye di Philadelphia pada malam menjelang primary kemarin.

Adapun Sanders yang mengandalkan suara dari akar rumput berupaya keras mengalahkan Hillary. ”Kami berlari sekencang mungkin sebisa kami untuk memenangkan ini,” kata Sanders, dikutip kantor berita AFP . Trump juga berupaya keras mencapai batas minimal 1.237 delegasi untuk dapat merebut nominasi capres Republik.

Langkah ini mendapat tantangan besar karena Ted Cruz dan John Kasich menyatukan kekuatan untuk menjegal Trump. Sesuai kesepakatan keduanya, Kasich akan meninggalkan kampanye di Indiana yang akan menggelar primary pada 3 Mei dan Cruz akan membalasnya di New Mexico dan Oregon.

Pemungutan suara mulai dibuka pada pukul 6.00 pagi waktu Connecticut dan sejam kemudian di negara-negara bagian lain. Di Rhode Island pemungutan suara dimulai sejak pukul 7.00 pagi. Pemungutan suara di lima negara bagian akan ditutup pada pukul 8 malam waktu setempat atau 7.00 pagi WIB.

muh shamil

Berita Lainnya...