Edisi 27-04-2016
Selundupkan Sabu di Celana Dalam, Dua Wanita Ditangkap


TANGERANG – Petugas Bea dan Cukai Bandara Internasional Soekarno-Hatta menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu oleh dua wanita asal Bali, berinisial DPS dan J, pada Selasa (8/3) lalu.

Terungkapnya upaya penyelundupan barang haram tersebut terkuak setelah petugas memperhatikan cara berjalan dua orang wanita yang tidak umum. Setelah diperiksa, masing-masing wanita tersebut membawa sabusabu seberat 500 gram, dengan total 1.666 gram yang disimpan dilekukan selangkangan.

Kabid Penindakan dan Pencegahan Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta, Amir mengatakan, modus operandi pelaku adalah mengenakan dua celana dalam sekaligus. ”Jalannya aneh, kita perhatikan, kok ngegang lalu kita periksa, ternyata mereka bawa sabu di selangkangan, modelnya seperti pembalut,” katanya, kemarin.

Setelah diperiksa, petugas menemukan kristal bening di dalam celana dalam yang dibentuk seolah sedang datang bulan. Setelah dites, ternyata kristal bening tersebut merupakan narkoba jenis sabu. Dari hasil pemeriksaan sementara, keduanya mengaku hanya sebagai kurir.

”Keduanya ditawari membawa sabu dengan upah sebesar Rp30 juta. Mereka ditugaskan membawa sabu tersebut dari Kuala Lumpur, Malaysia, menuju Indonesia melalui pesawat ke Bandara Soekarno-Hatta,” katanya. Sementara, Wakasat Narkoba Polresta Bandara Internasional Soekarno- Hatta AKP Subakti menjelaskan, berdasarkan hasil pengembangan sementara diketahui, perekrut DPS dan J sebagai kurir narkoba adalah orang Indonesia.

”Jaringan narkoba yang membawahi mereka diduga merupakan jaringan Banjar,” katanya. Menurut Subakti, akibat perbuatannya, DPS dan J dikenakan Pasal 113 Ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara dan denda Rp15 miliar.

Kasus penyelundupan narkoba dengan cara serupa juga terjadi pada 24 Maret 2016 di Terminal 2D. ”Pelaku perempuan dengan inisial TR baru saja mendarat. Dari penerbangan China, transit di Singapura, dan mendarat di Bandara Soekarno-Hatta,” katanya.

denny irawan

Berita Lainnya...