Edisi 10-05-2016
Digitalisasi Dunia Pendidikan Lewat Cara Mengajar


PENDIDIKAN berbasis digital akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Benny Kusuma selaku Education Lead dari Microsoft Indonesia dalam gelaran memperingati Hari Pendidikan Nasional beberapa waktu lalu.

”Kami percaya menyediakan pendidikan berkualitas untuk 1,4 miliar siswa di seluruh dunia penting untuk masa depan. Kami percaya, kemajuan teknologi dapat mengembangkan potensi murid, guru, dan sekolah,” ujar Benny, sapaan akrabnya. Microsoft Innovative Expert Educator (MIEE) serta forum Microsoft Educator Community ke tanah air dimaksudkan mewadahi para pengajar untuk mendapat pelatihan pemanfaatan teknologi yang di implementasikan di kegiatan belajar mengajar.

“Misalnya bagaimana membuat presentasi dalam Powerpoint yang menarik. Kemudian memanfaatkan aplikasi One Note dan Office 365 untuk berkolaborasi dan menciptakan konten multimedia untuk belajar,” beber Benny. Posisi pengajar di Indonesia saat ini sebagai digital immigrants dituntut untuk dapat memenuhi ketertarikan serta kebutuhan 1,4 miliar siswa di Indonesia yang mayoritas terlahir sebagai digital natives.

Eko Purwanto, guru SDN Wonokerto Magelang, sudah mencoba memanfaatkan Skype untuk proses belajar mengajar jarak jauh dengan muridnya mengenai relief di Candi Borobudur.

Lain lagi dengan Betty Sekarasih Hadi Yani dan Endah Susanti, guru SMAN 2 Playen Gunung Kidul memanfaatkan fitur Office 365 seperti One Note untuk menciptakan e-raport dan proses belajar mengajar dengan komunikasi yang interaktif lewat tulisan dan suara dengan para siswanya.

Cahyandaru kuncorojati