Edisi 10-05-2016
Mendorong Produktivitas dengan To Do List


Ada banyak sekali aplikasi yang dapat dipakai untuk mencatat sekaligus membuat to do list atau daftar hal-hal yang dapat di lakukan yang ada di Google Play. Tapi, hanya sedikit yang benarbenar berguna.

Dua hal ini hampir setiap saat saya lakukan: mencatat dan membuat to do list. Mencatat adalah kegiatan sangat penting jika sewaktu-waktu ada hal yang ingin kita tulis, ada tautan judul artikel menarik yang ingin kita baca di lain waktu, atau ada 1-2 foto yang ingin kita simpan. Sebaliknya, to do list adalah aplikasi penting untuk membuat kegiatan keseharian lebih terstruktur. Dengan to do list maka seseorang dapat memilah-milah apa saja yang harus dia kerjakan hari ini, minggu depan, atau bahkan hingga 6 bulan ke depan.

Dan yang terpenting lagi membuat prioritas agar pekerjaan dapat fokus dan cepat di selesaikan. Dua tipe aplikasi tersebut dapat ditemukan dengan mudah jika kita mencarinya di Google Play. Tapi, hanya sedikit jika saya kerucutkan dalam tiga kategori ini: ringan (tidak memakan banyak memori), mudah tersinkronisasi ke cloud (termasuk dalam koneksi data minim), dan dapat digunakan di berbagai perangkat (termasuk Mac). Prinsip less is more saya dapatkan lewat Google Keep. Aplikasi gratisan dari Google ini ternyata sangat andal.

Google Keep memungkinkan kita mencatat berbagai hal, melakukan copy-paste link dari website tertentu, menyimpan beberapa foto sekaligus, bahkan membuat to-do-list. Yang paling saya suka di Google Keep adalah tampilannya yang sangat amat simpel. Seperti memiliki post-it note digital di ponsel. Jika Anda terbiasa memakai post it, maka Google Keep akan sangat berguna. Mudah sekali untuk menghapus atau mengelompokkan catatan, misalnya memberi warna berbeda-beda di setiap note, juga melakukan pencarian.

Sinkronisasi di Google Keep terjalin sangat cepat. Catatan akan tersimpan offline di ponsel. Jika sudah terhubung ke jaringan data, sinkronisasi dilakukan otomatis. Juga cepat. Karena aplikasinya terasa ringan. Anda bisa mengaksesnya lewat browser di laptop dengan mudah. Kini Google Keep selalu ada di halaman paling muka di ponsel dan bookmark paling atas di laptop saya. Walau Google Keep juga bisa membuat to do list, tapi saya lebih suka dengan aplikasi Todoist.

Aplikasinya tersedia gratis di Google Play. Anda juga bisa mengunduh versi OSX-nya. Desain Todoist sangat sederhana. Rencana kegiatan dapat di rekam dan di-edit dengan mudah. Bisa juga ditambahkan durasi waktu tertentu untuk memunculkan notifikasi.Menggunakan aplikasi to-do-list seperti ini mulanya memang butuh penyesuaian. Tapi, jika terbiasa dapat membuat kita lebih produktif.

Danang arradian