Edisi 10-05-2016
Menggunakan Uang Pendanaan Secara Tepat


MEMPEROLEH pendanaan dari venture capital maupun angel investor adalah hal paling membahagiakan bagi sebuah startup. Namun, pada kenyataannya masih banyak startup yang kemudian terjebak dengan pendanaan tersebut akibat salah mengambil langkah dalam menggunakan uang pendanaan yang diperoleh.

Alhasil startup justru gagal memanfaatkan pendanaan tersebut untuk mengembangkan bisnisnya. Berikut adalah urutan hal yang perlu lebih dahulu mendapat fokus dalam menggunakan uang pendanaan atau funding yang diperoleh:

1. Rencana bisnis dan market research.
Alokasikan dana terlebih dahulu sesuai dengan rencana bisnis yang sudah dibuat matang-matang. Termasuk di dalamnya adalah riset dan penelitian terhadap pasar untuk mematangkan langkah startup Anda.

2.Tenaga profesional.
Beberapa hal di dalam startup memang membutuhkan sosok yang sudah berpengalaman atau profesional dibidangnya, misalnya CFO untuk bagian finansial, tim legal untuk permasalahan hukum, techical support, dan lain-lain. Mesti membutuhkan dana yang tidak kecil setidaknya beberapa urusan startup dapat terselesaikan dengan baik dan lebih mudah.

Cahyandaru kuncorojati