Edisi 10-05-2016
Pasar OLED TV Menjanjikan


FASILITAS produksi TV LG di kawasan industri MM2100 Cibitung, Jawa Barat, di dapuk untuk menangani ketersediaan tiga model baru yang akan diluncurkan di Indonesia sepanjang 2016.

PT. LG Electronics Indonesia (LG) membidik peningkatan penjualan OLED TV yang mencapai tiga kali lipat. ”Dimulainya produksi dalam negeri menegaskan percepatan penetrasi pasar OLED TV di Indonesia,” tegas Kevin A Bunthara, Head of Product Marketing Home Entertainment LGEIN. Tahun lalu, LGEIN menjual 500 unit TV OLED. Pada 2016, targetnya jadi 1.500 unit. Produksi produksi dalam negeri bakal memberi kecepatan lebih baik bagi perusahaan dalam merespons dinamika pasar.

Kecepatan ini bakal menjadi salah satu modal utama dari rencana besar LG untuk lebih memasyarakatkan OLED TV sebagai kategori TV baru di Indonesia. OLED TV tak lagi memerlukan rangkaian lampu LED (Light Emitting Diode) sebagai pencahayaan belakang. Sebagai gantinya, masing-masing LED di dalamnya memiliki kemampuan untuk menghasilkan pencahayaan sendiri secara organik. Minusnya pencahayaan belakang membuat OLED TV mampu mencapai contrast ratio jauh lebih tinggi ketimbang panel LED.

Tingginya rasio yang mewakili panjang bentang warna gelap dan terang yang mampu dihasilkan layar TV ini terjadi karena OLED TV memiliki kemampuan menghasilkan warna hitam paling pekat. Hal yang mustahil bagi panel TV LED sebagai akibat adanya pendar cahaya dari rangkaian LED di belakang panel. Meski belum menyebut detail tawaran inovasi teknologi dari ketiga model LG OLED TV yang bakal meluncur di pasar Indonesia pada tahun ini, namun Kevin memberi gambaran bahwa ketiganya bakal ditujukan untuk memperluas segmen OLED TV di Indonesia.

Selain yang berharga terjangkau, LG juga bakal menawarkan OLED TV dalam resolusi 4K yang membuatnya memiliki resolusi setaraf empat kali lipat resolusi Full HD. Fasilitas produksi TV LG di Indonesia saat ini tengah menggenjot target produksi bulanan yang mencapai 150 unit khusus untuk kebutuhan permintaan dalam negeri. Dengan angka ini, total produksi LG OLED TV per bulannya di fasilitas produksi tersebut untuk pasar dalam negeri dan ekspor bakal mencapai 1,000 unit setiap bulannya.

Danang arradian