Edisi 10-05-2016
Tidak Hanya Mengandalkan Sosmed


MEDIA sosial memang tepat untuk memulai bisnis daring. Namun untuk berkembang, bisnis tersebut tidak boleh hanya mengandalkan media sosial saja.

Demikian diungkap Brand Manager Bukalapak Ambrosia Tyas saat menjadi pembicara di salah satu workshop Indonesia E-commerce Summit & Expo 2016 belum lama ini. Oci, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa para pelaku bisnis online harus mulai melihat pihak atau layanan lain yang dapat membantu bisnis berkembang. “Banyaknya pembeli memang buat kita senang.

Tetapi perlahan kita juga mulai pusing melayaninya. Jangan sampai nanti malah terjadi kesalahan yang berakibat beberapa pembeli setia kita enggak balik lagi. Jadi enggak ada salahnya kan kita mulai lihat layanan yang ngebantu bisnis online kita,” tandas Oci. Oci menyebutkan bahwa para pelaku usaha yang beranjak online akan memiliki kendala dalam mengembangkan bisnis. Apalagi ketika bisnis yang ditekuni semakin laku. Kendala itu bisa datang dari barang jualan yang kian beragam, logistik untuk mengurus barang ke berbagai tujuan pembeli, serta biaya yang harus dicermati karena akan berpengaruh terhadap harga barang.

“Keberadaan marketplace untuk para pelaku bisnis online atau UKM sudah sepatutnya dimanfaatkan. Jangan dilihat ribetnya saja, tapi seberapa membantunya layanan tersebut bagi kita untuk mengembangkan bisnis. Kita tidak bisa terus pakai media sosial dan hanya kita sendiri yang terus mengerjakannya,” tandas Oci.

Cahyandaru kuncorojati