Edisi 15-05-2016
Dorong Profesionalitas-Dedikasi Advokat Muda


Advokat muda yang satu ini dikenal energik, berwawasan dan profesional dalam menangani ber - ba gai perkara hukum. Begitulah Andri Meilansyah, yang kini aktif sebagai Sekretaris Jendral Komunitas Advokat Muda (Kamda) dan Wakil Sekretaris I DPC Ikatan Advokat Indonesia (Ikadin) Palembang.

Dia pun sebagai ketua umum di Asosiasi Konsultan Hukum Perselisihan Hubungan Industrial (AKH-PHI). Dengan banyaknya organisasi yang diikuti, Andri memiliki keinginan kuat untuk memajukan semua organisasi dan meningkatkan profesionalitas. Mau tahu seperti apa kegiatan Andri? Berikut wawancara reporter KORAN SINDO PALEMBANGRetno Palupi dengan Andri Meilansyah, baru-baru ini.

Eksistensi para advokat muda di Sumsel kian terlihat. Anda sendiri memang sejak awal bercita-cita menjadi pengacara?

Para advokat terutama seperti kami yang masih muda pun, harus menanamkan sikap profesionalisme dalam menangani perkara-perkara yang dipercayakan klien terhadap kami. Sudah saatnya para advokat muda ikut andil dalam mendorong penegakan hukum. Untuk proses sebagai advokat, saya telah dilantik dan diangkat sumpah sebagai advokat Peradi sejak tahun 2010 yang lalu, dan sampai saat ini masih aktif di organisasi advokat.

Sejak tahun 2002, memulai karier sebagai aktivis mahasiswa di Dewan Mahasiswa (Dema) Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Sumpah Pemuda (STIHPADA), dan pada saat itu juga sudah bergabung dan aktif dalam melakukan pembelaan terhadap hak-hak masyarakat pencari keadilan di Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Palembang dengan jabatan terakhir sebagai Kepala Divisi Ekonomi, Sosial dan Budaya sampai dengan tahun 2012.

Anda memiliki pengalaman bergabung di kantor advokat ternama di Sumsel?

Iya, saya banyak belajar saat bergabung pada Law Firm Bambang Hariyanto & Partners, sejak awal tahun 2013. Namun seiring berjalan waktu, saya membentuk organisasi advokat yang mengkhususkan diri di bidang ketenagakerjaan dan perselisihan hubungan industrial, yakni Asosiasi Konsultan Hukum Perselisihan Hubungan Industrial, dan juga bersamasama Advokat Muda yang tergabung dalam Ikadin dan AAI mendirikan organisasi Advokat Muda, yakni Komunitas Advokat Muda (Kamda) dan alhamdulillah dipercaya menjabat sebagai Sekretaris Jendral di Komunitas Advokat Muda (Kamda) sampai dengan sekarang.

Kita dengar awal tahun ini Anda pun berupaya bersama rekan sejawat membangun kantor mandiri?

Di awal tahun 2016, akhirnya saya memilih untuk berkantor secara mandiri dan mendirikan Law Firm yang bernama FAIR & Associates Law Firm bersamasama dengan Advokat Muda Peradi.

Sebentar lagi DPC Peradi Palembang akan menggelar musyawarah cabang, dan benarlah Anda menjadi salah satu kandidat calon ketua yang akan mencalonkan diri?

Saya mendeklarasikan dan mencalonkan diri menjadi Ketua DPC Peradi Palembang periode 2016-2021 pada Musyawarah Cabang Peradi Palembang yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2016 yang akan datang. Saya merasa terpanggil untuk menjadi salah satu Kandidat Calon Ketua Peradi Palembang Periode 2016-2021, walalupun saya sadar bahwa hanya saya kandidat yang termuda di antara kandidat lainnya yang berasal dari kalangan advokat senior. Tetapi saya yakin mampu bekerja untuk organisasi yang saya cintai ini dan atas dukungan dari rekan-rekan dari Komunitas Advokat Muda (Kamda) serta rekan sejawat dari kalangan senior yang membuat saya menjadi yakin dan optimis untuk berkompetisi menuju Peradi 1.

Apa visi lima tahun ke depan?

Visi saya lima tahun ke depan adalah mewujudkan organisasi profesi advokat yang mandiri profesional dan ber mar ta - bat. Sementar misi saya mewujudkan Peradi sebagai organisasi advokat yang bebas dan mandiri, melayani untuk melindungi kepentingan pencari keadilan dan menjalankan tugas sebaikbaiknya untuk melayani para anggota. Di samping itu, upaya demokratisasi di tubuh Peradi dengan cara melibatkan peran aktif setiap pengambilan keputusan organisasi, meningkatkan kapasitas setiap anggota Peradi melalui kegiatan pelatihan, seminar, training, dan pendidikan berkelanjutan di bidang hukum.

Apalagi misi yang akan Anda bawa dalam pencalonan nanti?

Tidak lain mendorong transparan dalam pengelolaan keuanga n, menjalin kerja sama yang lebih erat lagi dengan aparat penegak hukum lainnya serta instansi-instansi terkait. Melakukan perlindungan hukum kepada setiap anggota Peradi, mewujudkan Peradi sebagai organisasi yang profesional secara administrasi, memiliki gedung Peradi secara mandiri dan meningkatkan kualitas bantuan hukum cuma-cuma bagi masyarakat.

Harapan kemajuan Peradi ke depan seperti apa?

Saya menyadari, bahwa cita-cita dan upaya untuk menjalankan tugas sebagai pemimpin di organisasi advokat tidak akan mampu terlaksana apabila tanpa dukungan dan kerja sama anggotanya. Untuk itu, saya mengajak rekan-rekan advokat Peradi semuanya guna bersama-sama mencapai dan mewujudkan kepentingan hakiki organisasi Peradi sesuai diamanatkan anggaran dasar Peradi.

Berita Lainnya...