Edisi 15-05-2016
Kembali Ditemukan Mayat di Sungai Betet


PALEMBANG- Kepolisian harus bekerja keras - cepat menyelidiki dan meng ung kap pem bu nuhan sadis di Sungai Betet, Muara Su g i han, Banyuasin.

Tidak menu tup ke - mungkinan masih terdapat mayat lainnya yang dibuang ke aliran sungai tersebut. Pasalnya, sehari pascapenemuan dua mayat dalam karung, ke - marin di sungai yang sama kembali ditemukan mayat pere m - puan dengan kondisi meng e - naskan. Diduga perempuan ber usia sekitar 14 tahun ter se - but masih kerabat dari sepasang mayat yang ditemukan dalam karung, sehari sebelumnya. Pa - salnya, selain lokasi penemuan di aliran sungai yang sama, ketiga mayat ditemukan dalam kondisi yang sama, yakni muka atau kepala terutup baju kaos.

Hanya saja, mayat remaja pe - rempuan ini tidak terbungkus karung seperti dua mayat sebelumnya. Jasad ketiga ditemukan ke - marin saat petugas menyisir TKP untuk mencari barang buk - ti tambahan guna kepentingan penyelidikan dua jasad yang sebelumnya ditemukan ter - bungkus karung. Saat di te mu - kan, kondisi jasad wanita ma - lang itu sudah tidak utuh lagi, dengan kaki sebelah kanan dan tangan sebelah kiri hilang.

Guna kepentingan penyidikan, jasad tersebut langsung dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang guna dilakukan autopsi. Kabid Dokkes Polda Sumsel Kombes Pol Drg Soesilo Pradoto mengatakan, jasad yang baru ditemukan kondisinya sama dengan dua jasad yang lebih dulu ditemukan. “Diduga pelaku pembunuhnya sama dengan pelaku dua mayat dalam karung itu. Saat ditemukan, kondisi kapala ke - tiga jasad tersebut ditutup me - makai baju,” ujar Susilo ditemui di Rumah Sakit Bhayangkara, kemarin. Namun, sambung Susilo, pihaknya belum bisa memas ti - kan apakah ketiga jasad ini ma - sih satu keluarga.

“Untuk me - mastikannya, kami akan men - co cokan DNA-nya terlebih da - hulu,” terangnya. Terkait perkembangan ter - baru terhadap kedua mayat dalam karung, Susilo menya ta - kan, ditemukan keduanya me - ngonsumsi jenis makanan yang sama. “Untuk mayat ketiga ini juga dilakukan autopsi, apakah makanan yang dimakan korban ini sama dengan dua korban sebelumnya,” sebutnya. Selain memakan makanan yang sama, menurut informasi yang dihimpun, petugas juga mendapati bekas kekerasan di tubuh kedua korban.

Dite mu - kan lukas bekas tusukan di bagian leher mayat laki-laki, dan bekas pukulan benda keras pada jasa wanita. Di tempat yang sama, Kasat Polair Polres Banyuasin AKP Suprawira mengatakan, jasad korban pembunuhan itu dite - mu kan petugas polair ketika melakukan penyisiran di aliran Sungai Betet. Saat pencarian itulah, petugas menemukan ja - s ad itu tersangkut di pinggir sungai. “Hari ini (kemari) petu - g as bersama warga kembali me - nemukan jasad korban yang diduga dibunuh. Kondisinya sangat mengenaskan, jaraknya tiga kilometer dari posisi dua jasad yang ditemukan pertama kali,” ujarnya.

Namun sayangnya, lanjut perwira ini, petugas tidak me - ne mukan barang bukti yang lainnya di tempat penemuan. Hingga saat ini anggota masih melakukan penyisiran di lokasi penemuan guna mencari ba - rang bukti untuk mengungkap dalang di balik pembunuhan keji ini. “Belum ada masyarakat yang melapor kehilangan ang - gota keluarga. Kami sudah ber - koordinasi dengan kepala desa setempat agar menginfor masikan penemuan jasad ini kepada warga,” katanya. Sebelumnya warga dike jut - kan penemuan dua karung ber - isi mayat laki-laki dan per em - puan di Sungai Jalur 14, tep at - nya sekitar penyeberangan Su - ngai Betet, Kecamatan Muara Sugihan, Banyuasin, jelang sa - lat Jumat (13/5) sekitar pukul 11.30 WIB.

Kedua karung ditemukan terpisah dengan jarak sekitar puluhan meter. Kedua mayat yang belum diketahui identi - tas nya tersebut telah dibawa ke RS Bhayangkara Palembang, oleh aparat Polres Banyuasin bersama petugas Polair Polres OKI, kemarin malam. Polisi belum dapat menyim - pulkan apakah keduanya se - pasang sua mi istri, karena tidak dite mu kan identitas di tubuh keduanya.

“Belum tahu pasti keduanya berasal dari mana? Apakah dibuang dari wilayah lain dan hanyut terbawa arus ke tempat penemuan? Semuanya masih dalam penyelidikan,” ujar Ka - polres Banyuasin AKBP Pra - setyo Rahmat Purboyo ditemui di RS Bhayangkara Polda Sum - sel, kemarin. Informasi dari warga me - nyatakan, saat ditemukan wa - jah kedua mayat tertutup kain atau sejenis baju kaos.

“Melihat kondisinya, korban diduga telah meninggal kurang lebih se lama tiga hari. Untuk usia sekitar 40 tahunan dan diduga korban tidak pidana karena terbungkus karung,” katanya.

Adi haryanto/ m eko arif wibowo

Berita Lainnya...