Edisi 15-05-2016
LCKI DIY Bantu Cegah Kejahatan


YOGYAKARTA – Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) DIY bertekad membantu peran aparat penegak hukum dalam mencegah tindak kejahatan.

Untuk memaksimalkan perannya, LCKI DIY membe ri - kan materi dasar-dasar investigasi pencegahan kejahatan ke - pada anggotanya. Ketua LCKI DIY Bukhori me - ngatakan, kelahiran LCKI di DIY sudah dirancang sejak 2008. Usahanya selalu menemui jalan buntu mengingat be - ratnya peran yang harus dija la - ni. “Gagal karena tidak sesuai de ngan tupoksinya. Lembaga ini sebagai pencegahan, bukan ek sekutor yang represif,” kata - nya kemarin.

Pemberian materi ini tersebut juga untuk mengetahui perannya sebagai lembaga yang bertugas melakukan pencegahan kejahatan. “Ibaratnya, LCKI ini seperti kepolisian swas ta. Perannya mem-back up apa rat penegak hukum, baik ke polisian atau kejaksaan,” kata dia. Bukhori mengungkapkan, selama ini peran LCKI DIY su - dah memberi kontribusi dalam meng ungkap kejahatan.

“En - tah itu kasus karena aduan ma - syarakat maupun hasil investigasi,” imbuhnya. Ketua LCKI Sleman Agus Su - kamto menambahkan, pembe - rian material dasar-dasar investigasi pencegahan kejahatan ini sangat penting bagi anggota dalam menjalankan tugasnya. “Inti tahu tupoksinya. Tidak represif atau meminta proyek. Itu tidak ada dalam tupoksi LCKI,” tandasnya.

Ridwan anshori

Berita Lainnya...