Edisi 15-05-2016
Siapkan 3 Metode Antisipasi Kejahatan Seksual


SURABAYA – Direktur Pemberdayaan Informatika, Dirjen Aplikasi Informatika, Kemenkominfo, Septriana Tangkary menyatakan, pihaknya telah menyiapkan tiga pendekatan guna mengantisipasi kejahatan seksual di kalangan anak-anak yang akhir-akhir ini marak.

“Indonesia memang sudah tergolong ‘darurat penyalahgunaan IT’ yang berdampak negatif,” katanya dalam Seminar Peran Guru BK Menangani Penyalahgunaan IT di Kalangan Siswa oleh Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa) Surabaya kemarin. Ketiga pendekatan itu meliputi teknologi, hukum, dan sosiokultural.

“Untuk pendekatan teknologi, Kemenkominfo mengajak provider (ISP) memberlakukan trust positif dan Whitelist. Trust Positif untuk menyaring konten negatif dan DNS Whitelist Nusantara untuk menyebarkan daftar konten putih atau positif,” katanya. Kedua pendekatan hukum, dilakukan melalui kerja sama dengan Kominfo untuk memblokir konten negatif dan konten kekerasan, serta penerapan cyber etic .

“Untuk pendekatan sosiokultural itu melalui kerja sama dengan Kemendikbud dan masyarakat, seperti pelatihan pemanfaatan internet dengan cerdas serta pembuatan animasi khas Indonesia,” katanya.

Soeprayitno/ant




Berita Lainnya...