Edisi 15-05-2016
Promo Efektif di Dunia Maya


Bisnis online shop sudah semakin menjamur dan membuat persaingan semakin ketat. Para pelaku online shop ini harus berinovasi promosi produk, salah satunya endorsement.

Endorsement (bahasa Inggris) berasal dari kata endorse adalah dukungan atau saran. Dapat diartikan pula meminta dukungan dari sosok populer, baik artis maupun selegram (sebutan untuk para pengguna akun Instagram yang populer) dengan cara memberikan produk yang dijual kepadanya.

Sebagai timbal balik, sang artis atau selegram itu akan mengunggah foto dengan mengenakan produk di akun jejaring sosialnya, tentu dengan tambahan tulisan yang mendukung produk tersebut. Harapannya pemasaran produk tersebut akan meningkat. Salah satu sosok selegram adalah Destyana Ayu Wulandari yang memiliki jumlah pengikut sebanyak 12.000 orang. Pemilik nama akun Instagram @destyanayuuu mengaku tidak ingat kapan pertama kali menerima job endorse.

Dia pun tidak menyangka follower di IG-nya selalu bertambah setiap hari, kini sekitar30 follower barusetiaphari tertarik mengikuti postingannya. “Ada online shop yang menawarkan saya untuk meng-endorsce produknya. Hingga berlanjut hinggasekarang, tapisaya menyeleksi lebih ketat produk yang akan saya endorse,” ungkap mahasiswi Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip Angkatan 2013 ini. Dia pernah menerima pembayaran setiap online shop mengirim barang/ produk. Namun, ini tidak lagi menerima bayaran karena ingin membantu para online shop memasarkan produknya.

Produk yang dipilih untuk diendorce hampir semua jenis, kecuali aplikasi handphone dan krim wajah. Dia memilih beberapa produk online shop , kemudian setelah produk ada di tangannya, dia akan mengunggah di akun Instagram -nya. Dulu, dalam satu hari dia bisa mengunggah tiga foto produk, tapi akhir-akhir ini intensitasnya berkurang menjadi satu kali sehari. Ini karena kesibukan kuliah dan kesibukan membantu bisnis orang tua yang menyita waktu. Pernah ada pengalaman buruk selama menjalani endorse .

Suatu hari ada jasa online yang menawarkan pekerjaan endorse, tapi ternyata hacker. Namun, terlepas dari semua pengalaman buruknya ini, menjadi endorser menurutnya menjadi kesempatan untuk membantu teman yang memiliki usaha online shop . Model asal Semarang Mahliga Febrinatermasukselektifmenerima endorse mengingat kesibukan bekerja di sebuah bank swasta. “Selama ini tidak menerima fee karena online shop yang menawari adalah teman, “ ucapnya.

Pertama kali menjadi endorser dari tawaran teman yang menggeluti bisnis online shop. Dia senang sekali menerima tawaran ini, dengan pikiran membantu bisnis temannya itu. Setelah itu, beberapa tawaran datang dari online shop lain untuk mempromosikan produksinya. Promosi yang dia lakukan seperti halnya endorser lain, yaitu mengunggah foto dirinya bersama produk tersebut pada akun Instagram.

Dia juga menambahi promonya di media sosial Path. Hampir semua produk yang meminta endorcement diterimanya, tapi order yang datang lebih dominasi fashion.

Hendrati hapsari

Berita Lainnya...