Edisi 15-05-2016
Dana Hanya Cukup Buat 150 Unit


CIMAHI- Anggaran untuk rehabilitasi rumah tidak layak hu ni (rutilahu) di Kota Cimahi ha nya sekitar Rp2,2 miliar. Padahal jumlah rutilahu saat ini mencapai 1.000 rumah.

Kepala Bidang Pemukiman dan Perumahan, Dinas Pe ker - jaan Umum Kota Cimahi Febri Rat moko mengatakan, ang - garan untuk perbaikan ru ti la - hu sangat terbatas. Saat ini ang garan yang ada hanya cu - kup untuk memberbaiki se - banyak 150 rumah.”Setiap ru - mah akan mendapatkan ban - tuan sekitar Rp15 juta,” ka - tanya. Ban tuan yang diberikan, lanjut Febri, disalurkan kepa da Badan Keswadayaan Ma sya - rakat (BKM), selanjutnya pe - ngerjaan dilaksanakan se cara swadaya masyarakat.

Na mun dari rencana dan denah di nas yang me nga tur nya.”Ka mi atur agar dana yang dite ri ma bisa dimaksimalkan,” ujar nya. Meskipun anggaran untuk ru tilahu relatif kecil, Febri me - nyatakan, salah satu cara yang dila kukan pembangunan dila - ku kan secara bertahap, me - nye suaikan dengan anggaran yang ada. Hingga saat ini dari jumlah rut ilahu di Cimahi sebanyak 3.945 rumah, sekarang tingal 1.000 rumah lagi. “Jumlah se - ka rang jika dibandingkan de - ngan tiga tahun lalu, jelas su - dah berkurang,” urainya.

Salah seorang penerima man faat, warga Jalan Pe san - tren, Gang Jamhari Nomor 203 RT 02/07, Kelurahan Ci - ba bat, Kecamatan Cimahi Uta - ra, Iis Rosita mengaku senang de ngan adanya perbaikan ru - mah miliknya. Bangunan ru - mah nya sudah reot sementara dia tidak punya biaya untuk mem perbaiki. “Adanya ban - tuan ini tentunya sangat ber - arti dan nyaman untuk di tem - pa ti,” katanya.

Raden bagja mulyana


Berita Lainnya...