Edisi 15-05-2016
Habiskan Rp110 Juta untuk Makan Setahun


SELAMAhidupnya, gajah bernama Yani menghabiskan makanan dengan biaya tidak se dikit. Per hari, gajah Yani diberi ma kanan pokok berupa 120 kilog ram rumput gajah, jagung giling, dedak, dan galak zoo yang dibikin dodol sebanyak 6 kilogram, 30 kilogram jagung muda, berah merah, beras putih, ga ram, pisang wortel, ubi, mi - neral mix dan tema manis serta gu la merah.

Total biaya yang ha - rus dihabiskan per hari sekitar Rp 181.600 untuk makanan po - kok itu. Selain makanan pokok, Yani ju ga perlu makanan variasi ter - di ri dari tebu yang diberikan tiap hari Senin, Rabu, Jumat ma sing-masing 20 kilogram per hari. Pepaya Selasa, Kamis, Sab - tu masing-masing 8 kilogram, dan kelapa muda 1 butir tiap ha - ri Minggu. Total biayanya Rp127.250. Maka total biaya makan Yani per hari Rp308.850.

Dikali se bu - lan dengan pukul rata 30 hari, ma ka total biaya yang harus di ke - luarkan yayasan sekitar Rp 9,2 juta. Dikali 12 bulan maka Ya ni me ngabiskan biaya Rp110,4 ju ta untuk pakannya saja. Di Kebun Binatang Bandung ada empat gajah sumatera. Se - lain Yani, ada juga Salmah, Ira, dan Yamon. Keempat gajah itu meng habiskan sekitar Rp1,6 juta per hari untuk makanan po - kok dan variasi.

Per tahun maka pa kan untuk keempat gajah su - matera itu Rp1,8 miliar. Data itu didapat Forum Ko - mu nikasi Kader Konservasi In - do nesia (FK3I) langsung dari pi - hak kebun binatang Bandung, be gitu isu ini ramai. “Pakan gajah memang mahal. Ke - butuhannya berbeda tiap gajah tergantung dari usia dan berat badannya,” kata Koor di nator Pusat FK3I Dedi Kur niawan, di RM Sindang Reret , Ja lan Su - rapati.

Rudini

Berita Lainnya...