Edisi 15-05-2016
Jembatan Penghubung Dua Desa Roboh


SUKABUMI - Jembatan peng - hu bung dua desa di Kecamatan Ca ringin, Kabupaten Suakbumi ro boh, kemarin. Jembatan yang ber lokasi di RT 01/03 Desa Caringin, Wetan, roboh sekitar pukul 03.00 WIB yang diduga akibat penahan jembatan longsor ter gerus air hujan.

Jembatan tersebut me ng - hu bungkan Desa Caringin We - tan dan Desa Talaga. Selain itu, ja lan tersebut juga sering di ja - dik an jalan alternatif menuju Kam pung Cibaraja Kecamatan Ci saat. Pantauan KORAN SIN - DO, jembatan sepanjang 10 me - ter dengan lebar 4 meter itu ti - dak bisa dilalui kendaraan roda em pat. Pasalnya lebih dari se - paruh jalan tersebut tergerus air se dalam 7 meter.

Kepala Desa Caringin Wetan Ijaj Budiana mengatakan, se be - lum ambruknya jembatan ter - se but, terdengar suara ge mu - ruh yang kemudian diikuti am - bruknya jembatan tersebut. Bah kan gerusan tanah tersebut ikut menutupi aliran Sungai Ci - balung. “Kejadiannya sekitar Jam 03.00 WIB itu karena warga di si ni mendengar ada suara ge - mu ruh, setelah dicek ternyata jem batan roboh,” ujarnya ke ti - ka melihat lokasi jembatan ro - boh,kemarin. Ijaj mengatakan, tidak ada kor ban jiwa dalam peristiwa ter - sebut karena saat kejadian tidak ada warga yang sedang me lin - tas.

Sebagai bentuk antisipasi, ar ea jembatan yang roboh itu di - be ri garis polisi. Sehingga ma - sya rakat bisa waspada saat me - lin tas di daerah tersebut. Se - dang kan untuk roda empat ter - paksa tidak bisa menggunakan jalan tersebut dan harus me mu - tar menggunakan jalan lain. “Kami khawatir ada yang ti - dak tahu terus ngebut pas ma - lam makanya lokasi ini pakai garis polisi,” ucapnya. Dirinya berharap, jembatan tersebut bisa kembali di per - baiki. Sebab meskipun berada di ja lan desa, namun jembatan ter - sebut sangat ramai dilalui ken - daraan. Lantaran jalan al ter - natif menuju sejumlah desa.

“Kalau pagi itu banyak anak sekolah termasuk angkutan um um yang menggunakan ja - lan ini, namun sekarang hanya mo tor saja yang bisa,” ung kap - nya.Sekretaris Camat Caringin Pen di Efendi mengatakan, se - mua desa di Kecamatan Ca ring - in memang rawan longsor. Na - mun menurutnya, Desa Ca ring - in Wetan dan Cikembang lah yang potensi longsornya paling tinggi.

“Di sini ada sembilan desa, namun dua desa yang po - tensi longsornya tinggi,” be - bernya Kepala Seksi Kedaruratan BP BD Kabupaten Sukabumi Ag - ung Citra mengatakan, se ja uh ini BPBD belum mem be ri kan bantuan, hanya saja sebe lum petugas BPBD sudah me nge cek ke lokasi. Berdasarkan laporan dari petugas saat ini warga sekitar sedang bergotong royong untuk mem per bai ki nya.

“Penanganan dari BPBD be - lum ada. Kemungkinan akan mendorong masyarakat untuk ber gotong-royong dengan me - masang bronjong dan karung karena sifatnya darurat. Kalau untuk pembangunan per ma - nen tupoksinya instansi lain,” pungkasnya.

Fajar sidik supriadi

Berita Lainnya...