Edisi 15-05-2016
Peluang Wirausaha Terbuka Luas bagi Generasi Muda


BANDUNG- Kesempatan generasi muda Indonesia untuk ber kiprah di bidang wirausaha ru panya masih terbuka luas, seiring dengan pertumbuhan eko nomi makro Indonesia yang di nilai masih potensial.

Meski begitu, sejumlah pem bicara dalam gelaran “ 5th StudentsxCE0s Summit Ban - dung 2016” menilai pentingnya ke mampuan perencanaan bia - ya (budget planning) dalam me - mu lai usaha baru. “Kondisi makro ekonomi ki - ta ke depan, saya lihat masih po - tensial, bahkan masih banyak ke sempatan untuk beri n ves ta - si. Dan kesempatan ini tentu ha - rus jeli ditangkap mereka de - ngan perencanaan keuangan yang matang,” jelas M Rimba Put ra, Manager Riset Banking and Wealth Banking HSBC ke - pa da KORAN SINDO di Hotel Pro menade, Jalan Cihampelas, Kota Bandung kemarin.

Tak hanya dalam skala usa - ha, budget planning juga di bu - tuh kan oleh perseorangan. Bah kan bagi kalangan pekerja juga, kemampuan tersebut di - bu tuhkan untuk mengatur pe - nge luaran mereka. Rimba Putra mengatakan, hal men dasar yang harus diketahui dalam perencanaan biaya adalah pe ngetahuan masing-masing indi vidu dalam keuangan. Se - hing ga ragam keinginan yang tak ter batas bisa diatur. “Yang paling ditekankan, ma sing-masing individu harus me ngetahui seperti apa diri me - reka dalam keuangan. Karena gak semua orang punya gaji be - sar, namun dengan peren ca - naan biaya yang baik, tentu mereka bisa mengatur ke bu tu - han lebih baik,” terangnya da - lam acara yang juga didukung KORAN SINDO.

Begitu pula dalam kegiatan usaha, perencanaan biaya di bu - tuhkan untuk mengetahui kon - disi perusahaan dan ekspansi bis nis yang akan dilakukan. Ter - lebih dengan koreksi keuangan pe rusahaan yang baik, mereka bi sa memerkirakan ke un tu - ngan dan kerugian yang akan di - da pat ke depan. Khusus untuk mereka yang ingin mulai merintis usaha, Rim ba menekankan penting pe rencanaan dan rekam jejak usa ha yang dimiliki. Terlebih bila usaha yang dilakukan me li - bat kan pihak investor.

“Untuk mereka yang start up mereka harus tetap optimistis, ka rena selain banyak kom pe ti - tor track recordusaha mereka ju - ga harus bisa dipegang untuk bi - sa dipercaya investor,” ung kap - nya. Pendapat senada juga di - sam paikan Sonny Rustiadi, Lec - tu re of School Of Business Ma - na gement (SBM) Institut Tek - no logi Bandung. Menurutnya, bud get planning dalam pe ru sa - haan terkadang menjadi hal yang sedikit disepelekan. Pa da - hal hal tersebut menjadi tolak ukur kemajuan perusahaan.

Baik dalam perencanaan pe - ru sahaan dan strategi pe ru sa - haan ke depan, karena itu se - mua mengacu pada hal ter se - but. Sehingga perusahaan bisa me ngoreksi usaha yang di ja lan - kan sudah dalam trek yang be - nar atau tidak. “Tema StudentX saat ini me - mang global, sehingga peserta dan pelaku bisnis bisa me - nangkap peluang tersebut da - lam sebuah manajemen strategi usa ha,” tuturnya.

Menurutnya, kondisi eko - no mi makro saat ini me mun cul - kan ragam peluang ekonomi, mi sal dalam sektor ekspor, per - kem bangan industri kreatif yang bisa bersaing dengan ne ga - ra-negara yang lebih baik. “Meski negara kita punya pe - ker jaan rumah dalam in fra - struk tur, tapi dalam segi inte le - gen si, seperti arsitektur kita bi - sa bersaing dengan negara-ne - ga ra maju,” ujar Sonny. Kepada mereka yang ingin me mulai bisnis, khususnya yang berhubungan dengan pi - hak investor.

Sonny menilai pen ti ngnya karakter personal, ke mampuan untuk mengolah pe luang, dan jaminan ke un tu - ngan yang diberikan pe ngu sa - ha. “Selain masalah person, in - vestor tentu untung. Dan ini kem bali ke budget planningyang di tawarkan pengelola usaha,” tam bahnya.

Heru muthahari

Berita Lainnya...