Edisi 15-05-2016
Ombak 5 Meter, Nelayan Diimbau Waspada


YOGYAKARTA –Nelayan di pesisir selatan DIY mulai hari ini hingga Kamis (19/5) mendatang diimbau untuk mewaspadai angin kencang beserta ombak tinggi.

Berdasar prediksi Badan Meteorologi, Klima to lo gi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, ketinggian gelombang bisa mencapai 5 meter. Koordinator Pos Klima to - logi BMKG Yogyakarta Joko Bu diono mengatakan, dua hari ter akhir ini gelombang laut berkisar 2,5-3,5 meter. “Pa da 15-19 Mei gelombang tinggi, berkisar 2,5-5 meter,” ka tanya di Yogyakarta ke marin. Potensi tingginya gelombang tersebut umumnya terjadi pada sore hingga malam ha ri. Untuk itu, diharapkan pe ning katan kewaspadaan ke pada pa ra nelayan yang me - laut.

Me nu rutnya, tingginya ge lombang laut tersebut karena kecepatan angin di Sa mu - dra Hindia atau selatan Jawa cukup kencang, yaitu berkisar di atas 15 knot. Selain itu, Joko meminta masyarakat mewaspadai hu - jan lebat karena masih dir a sa - kannya fenomena Median Ju - lian Oscillator (MJO) di area Indonesia. Fenomena MJO merupakan gelombang atau osilasi submusiman yang terjadi di lapisan troposfer wilayah tropis. Aki - batnya, terbentuk gu gusan uap air yang dapat ber po tensi terbentuknya awan-awan hujan di wilayah yang dilewati MJO.

Subagya, Ketua Kelompok Nelayan dari Pantai Goa Cem a ra Bantul, mengatakan, saat ini nelayan yang melaut hanya 1-2 orang. Prediksinya sampai ma - suk musim kemarau menda - tang. Hal ini disebabkan ikannya belum melimpah,” kata nya. Mereka yang tidak melaut sementara ini beralih ke pe - ngelolaan pariwisata yang kebetulan juga sedang banyak acara seni pertunjukkan tarian adat. “Dua hari ada pertunjukan jathilan sampai Minggu (hari ini),” katanya.

Ridho hidayat



Berita Lainnya...