Edisi 15-05-2016
Pemda Belum Akan Pindah Gedung DPRD


YOGYAKARTA– Pemda DIY belum merencanakan memindah Gedung DPRD DIY. Pemda DIY justru akan membangun Museum Urban Planning sebagai pengganti ge - dung perkantoran milik Dinas Pariwisata.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bap pe - da) DIY Tavip Agus R ayanto me - ngatakan, Pemda DIY akan mem bangun museum yang meng gambarkan Yog yakarta da lam tiga masa. Yog yakarta za - man dulu, sekarang dan masa de pan. “DED (detail engineering design ) sudah jadi dan lokasinya di Dinas Pariwisata DIY,” ka ta - nya kemarin. Tavip menjelaskan, dengan pembangunan museum tersebut memberi gambaran bahwa kan tor yang dipindah bukan D P R D D I Y , m e l a i n k a n D i n a s P a - riwisata DIY.

Hanya, untuk DPRD DI Y memang perlu modi - f ikasi, khususnya dalam akses masuk d an keluarnya. “Dalam kon sep Bappeda DIY tidak ada ren cana pemind ahan Kantor DPRD DIY,” tandasnya. Namun, Tavip mengakui, un tuk pembangunan museum ma sih lama. Saat ini sedang me - nyelesaikan pembebasan atau alih aset yang digunakan untuk Kantor Dinas Pariwisata, me - ngi ngat kantor tersebut merupakan aset pemerintah pusat. Pem bangunan konstruksi di - jad walkan pada 2017.

Substansi d ari Museum Ur - ban Planning sebagai tang gung gugat masyarakat. Dengan kata lain, masyarakat akan mengetahui ruang-ruang dan pemanfaatannya. Selama ini doku - men nya berbentuk buku, se - hing ga masyarakat tidak bisa me mahami maupun mengon - trol kebijakan bupati/ wali kota. “Urban Planning menjadikan ma syarakat bisa mengontrol apa kah ruang publik benar-benar dimanfaatkan wali ko ta/ bupati,” jelas Tavip. Sementara itu, A sisten Se - kre taris Daerah Bidang Per eko - nomian dan Pembangunan Set - da DIY Gatot Saptadi menam - ba hkan, pembangunan Mu se - um Urban Planning ini bag ian da ri revitalisasi Malioboro. “Ini ba g ian dari revitalisasi,” imbuhnya .

Gatot mengaku belum me - nge tahui secara detail Kantor Dinas Pariwisata akan dipindah ke mana. Pemda DIY masih men cari lahan yang pas untuk meng gantikannya. “Kalau de ta - il nya saya belum tahu,” akunya. Seperti diketahui, sejumlah leg islator menilai Kantor DPRD DIY sudah tidak layak dan me - ng inginkan dipindah di lokasi lain. Namun, dengan pernya ta - an dari Bappeda DIY tersebut, oto matis keinginan wakil rak - yat untuk menempati kantor di lokasi bar u tidak ter wujud.

Ridwan anshori

Berita Lainnya...