Edisi 15-05-2016
Muhammadiyah Penggerak Ekonomi


YOGYAKARTA–Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan, Muhammadiyah memiliki peluang besar menjadi penggerak perekonomian nasional. Karena itu, Muhammadiyah harus mengambil perannya di bidang ekonomi.

Menurut Wapres, Muhamma - di yah sudah sangat baik dalam membangun fondasi di sektor pendidikan dan kesehatan. “Ku rang satu hal, yakni entrepreneurship, salah satu jalan un - tuk melengkapi adanya acara te - mu saudagar Muhammadiyah ini,” kata Wapres dalam acara Te mu Jaringan Saudagar Mu - ham madiyah di Yogyakarta k e - marin. Wapres mengungkapkan, ber dagang merupakan sunah Rasulullah.

Dengan terus ber - usaha, amal ibadah umat akan se makin besar terlaksana. “Per - ekonomian bangsa menjadi lebih mandiri dan tentu saja bisa mempekerjakan banyak orang dan itu merupakan amal yang luar biasa,” ucapnya. Jusuf Kalla berpendapat, Mu hammadiyah memiliki ma - na jerial yang kuat serta banyak orang terdidik di dalamnya. Ke - unggulan tersebut harus dioptimalkan, salah satunya dengan menyuntikkan semangat ber - usaha. Semangat tersebut sinergis dengan pemerintah yang terus men dorong munculnya wir a usa ha baru. Langkah yang dila ku kan antara lain mempermudah perizinan usaha atau pemberian kredit usaha rakyat (KUR) berbunga rendah.

“Ta hun ini (KUR) bunganya 9%, ta hun depan kami turunkan lagi menjadi 7%,” kata Wapres. Dia mengaku prihatin de - ngan perekonomian Indonesia sa at ini. Wapres mengana lo gi - kan, jika saat ini ada 100 orang ka ya, 10 di antaranya muslim. Se dangkan, jika ada 100 orang mis kin, 90 di antaranya muslim. Kondisi ini memberi fakta bahwa ekonomi umat sedang tidak baik. Pada kesempatan itu, Gu - ber nur DIY Sri Sultan Ha meng - ku Buwono (HB) X mengatakan, pertemuan Jaringan Saudagar Muhammadiyah di Yogyakarta ini tidak sekadar mempererat persaudaraan di seluruh Indo - ne sia, tetapi juga mampu menjadi penumbuh spirit untuk menggerakkan perekonomian di Indonesia.

Raja Keraton Yogyakarta ini menjelaskan, temu jaringan ini memungkinkan UKM bisa ber te - mu pengusaha besar dan se ba lik - nya. “Kegiatan ini mampu menjadi jembatan positif bagi iklim usaha di Indonesia,” kata dia. Ketua PP Muhammadiyah Hae dar Nashir menegaskan, per te muan saudagar Muhamma diyah ini mampu mengambil peran strategis umat untuk per ekonomian Indonesia. Haedar mengungkapkan, umat muslim yang mayoritas di Indonesia jangan hanya menjadi danau yang indah dipandang dan tenang, tapi tidak punya potensi strategis.

“Semoga ja ringan saudagar ini bisa membuat bangsa kita semakin man diri secara ekonomi,” ucapnya.

Ridwan anshori




Berita Lainnya...