Edisi 23-05-2016
Komunitas H3 Promosikan Danau Toba


TARUTUNG- Komunitas Horas Halak Hita (H3) menggelar tur motor gede (moge) bertajuk Greatest Caldera Ride 2016 sebagai ajang promosi wisata danau Toba.

Dalam kegiatan ini 170 peserta mengitari kawasan Danau Toba sejauh 500 kilometer. Para peserta start di Padang Sidempuan pada 21 Mei 2016 dan finish di Kota Medan. Pada Sabtu (22/5) rombongan tiba di Universitas Sisingamaraja XII Tapanuli (Unita), Silangit, Tapanuli Utara (Taput). Rombongan yang Greatest Caldera Ride yang dipimpin Efrinal Sinaga disambut oleh Pembantu Rektor II Arta Junita Hutahayan, sejumlah akademisi, dan mahasiswa Unita.

Efrinal Sinaga menjelaskan, pecinta Moge yang tergabung dalam Komunitas H3 itu sengaja menyelenggarakan kegiatan touring tersebut untuk membantu pemerintah mempromosikan wisata Danau Toba. Terlebih setelah Kementerian Pariwisata menetapkan Danau Toba sebagai satu dari 10 Top Destinasi Prioritas.

“H3 merupakan komunitas yang peduli pada pembangunan bangsa dan negara dalam bidang sosial, budaya, dan ekonomi. Kami terpanggil untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan pariwisata di Indonesia, khususnya Danau Toba. Dengan kegiatan ini diharapkan target kunjungan satu juta wisatawan ke Danau Toba akan dapat tercapai sehingga akan menciptakan multiplier effect bagi pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dan pemerintah kabupaten dan kota,” katanya kepada wartawan.

Dengan penyelenggaraan tur ini, Efrinal mengharapkan, dapat menarik minat wisatawan dan juga investor untuk berkunjung serta berinvestasi di wilayah Otoritas Danau Toba dan Sumatera Utara. Selain itu, kegiatan ni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih helpfull dan service full dalam menyambut tamu dan wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba.

Efrinal memaparkan bahwa komunitas H3 ini memprioritaskan akan mengembangkan budaya menjadi wonderful Toba dengan contoh Sigalegale. Komunitas H3 juga akan mempromosikan batik Batak dari Samosir bekerja sama dengan ITB. Kemudian pada 20 Agustus nanti, komunitas H3 mempromosikan balap sepeda yang pesertanya berjumlah 250 orang dari 10 negara.

“Untuk meningkatkan pelayanan pariwisata yang baik, kami berencana mendirikan sekolah pariwisata di Kabupaten Humbang Hasundutan, Toba Samosir, dan Dairi, “ ungkapnya. Sementara itu, Pembantu Rektor II Unita Arta Junita Hutahayan mengucapkan terimak asih kepada panitia dan seluruh rombongan atas kunjungan tersebut. Dia berharap kegiatan Greatest Caldera Ride 2016 berjalan lancar dan memiliki manfaat bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kawasan Danau Toba.

“Selamat melanjutkan perjalanan. Semoga Tuhan memberkati dan melancarkan seluruh perjalanan saudara- saudara,” ujarnya saat melepas rombongan Greatest Caldera Ride 2016.

baringin lumban gaol

Berita Lainnya...