Edisi 30-05-2016
Arisan Mapan Bantu Masyarakat Raih Barang Impian


Masyarakat Indonesia memiliki nilai kebersamaan yang sangat tinggi. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya wadah yang mencerminkan kebersamaan, seperti arisan, posyandu, dan PKK.

Dasar itu pula yang membuat Ruma mengembangkan bisnis dengan prinsip gotong-royong. Seperti apa? Ruma merupakan wadah yang hadir untuk membantu masyarakat Indonesia mendapatkan akses terhadap produk dan layanan dengan menggalang kekuatan gotong-royong masyarakat. Salah satunya lewat program Arisan Mapan, di mana masyarakat dapat saling membantu dalam mendapatkan barang yang dibutuhkan secara bergiliran.

“Kami di Ruma percaya, komunitaskomunitas yang sudah ada bersatu dalam sebuah wadah keanggotaan, maka wadah itu dapat membantu anggotanya dan bukan sekadar mencari keuntungan. Semakin banyak anggota kami, semakin bagus kualitas produk yang bisa kami berikan dengan harga yang semakin terjangkau,” kata CEO Ruma Aldi Haryopratomo.

Arisan Mapan dapat berjalan karena peran serta yang besar dari Ketua Arisan Mapan. Mereka adalah pemimpinpemimpin komunitas yang dipercaya masyarakat di sekitarnya dan tulus ingin membantu masyarakat di sekitar mereka untuk mendapatkan barang impian. Menurut Aldi, Ketua Arisan Mapan memiliki peran serta yang sangat besar dalam membantu anggotanya meraih barang impian.

Tak heran, seiring berjalannya waktu tahun ini Ruma meraih Rekor Muri dengan kategori Arisan Barang dengan Peserta Terbanyak. Chief Marketing & Sales Operation Hendra Tjanaka menambahkan, pihaknya akan terus memberikan akses kepada masyarakat luas dan selalu berusaha memberikan dukungan dan layanan terbaik bagi Ketua Arisan Mapan.

“Contohnya layanan bayar di tempat (COD: cash on delivery ) di seluruh Jawa dan Bali dan aplikasi Rumpi Mapan untuk mempermudah Ketua Arisan mendaftarkan dan mengelola kelompoknya. Tanpa Ketua Arisan, kami tidak dapat menjalankan layanan Arisan Mapan dengan baik. Karenanya, melalui kampanye #sayaketuaarisan , kami ingin mengajak lebih banyak orang untuk bergabung menjadi Ketua Arisan Mapan agar usaha kami untuk memberikan solusi atas berbagai permasalahan secara gotongroyong dapat tercipta,” ungkapnya.

Wiwin, salah seorang Ketua Arisan Mapan asal Desa Ciwidey, Bandung Selatan, telah berhasil mewujudkan citacitanya untuk memberdayakan ibu-ibu di wilayahnya memiliki barang impian mereka melalui Arisan Mapan. “Menurut saya, Arisan Mapan bisa membantu saya mewujudkan cita-cita saya. Karena dengan Arisan Mapan, ibuibu bisa punya blender, oven, dan wajan untuk mereka usaha,” ujarnya.

Di tengah tingginya harga berbagai kebutuhan sehari-hari, penting bagi para ibu untuk mendapatkan penghasilan tambahan sehingga bisa membantu keuangan keluarga. Juga lebih cermat dalam memilih metode pembayaran yang tepat. Hadir dalam acara peluncuran kampanye #SayaKetuaArisanRuma, Ligwina Hananto selaku penasihat keuangan membagikan tips untuk ibu-ibu.

“Di Indonesia terdapat berbagai macam komunitas yang diprakarsai oleh perempuan, di mana komunitas tersebut telah memberikan kontribusi yang berguna bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. Melalui Ruma, para perempuan dapat berkontribusi terhadap lingkungan sekitar sekaligus mendapatkan akses kepemilikan barang-barang yang mereka impikan dan butuhkan dengan cermat melalui Arisan Mapan.

Cermat dalam artian dapat bersama-sama memilih barang sesuai dengan kebutuhan dan melakukan pembayaran terencana. Selain itu, Arisan Mapan bukan sekadar arisan biasa tetapi di sini perempuan dapat saling mengingatkan pembayaran sehingga dilakukan secara konsisten,” paparnya.

Untuk mendukung ketua arisan memberikan kemudahan serta layanan kepada para anggota Arisan Mapan, kini Ruma telah memiliki 60 kantor cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Jawa dan Bali.

Ruma ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia, khususnya para perempuan, untuk meraih hidup mapan dengan memiliki penghasilan tambahan yang lebih baik. Dengan bergabung menjadi ketua arisan dan unduh aplikasi Rumpi (khusus Android), mereka juga bisa membantu sesama.

Sali