Edisi 30-05-2016
Teknik Penebalan Rambut


Banyak faktor yang memengaruhi tebal tipisnya rambut. Adapun penebalan rambut bisa dilakukan melalui banyak cara, misalnya penggunaan produk dengan kandungan khusus, melakukan ekstensi rambut, hingga memotong rambut dengan teknik yang sesuai.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Health & Beauty Panel, IPSOS 2014, sekitar 50% pria dan 70% wanita di dunia termasuk di Indonesia mengalami kerontokan yang berujung pada penipisan rambut. Kerontokan yang berujung pada penipisan rambut juga menjadi masalah utama yang dihadapi, khususnya para pria.

Sementara riset Hair Density Report oleh Kerastase juga mengungkapkan, permasalahan kerontokan rambut yang berujung pada penipisan merupakan masalah utama yang dihadapi para pria sebelum keriput dan penambahan berat badan. “Faktor-faktor yang memengaruhi penipisan rambut ini antara lain faktor genetik, ketidakseimbangan hormon, stres, penuaan, serta gaya hidup yang tidak sehat,” ujar Hendra Purjaka, Business Unit Manager Kerastase Indonesia dalam rilis yang diterima KORAN SINDO .

Sementara itu, menurut Hadley Tweddell, ahli ekstensi rambut di Salon Daniel Hersheson di Harvey Nichols, Inggris, pertambahan usia dan ketidakseimbangan hormon dapat menyebabkan kulit kepala kering secara alami. “Keringnya kulit kepala membatasi aliran darah ke folikel rambut sehingga membuat rambut menjadi tipis,” ujar Tweddell, dilansir dari Dailymail.co.uk .

Untuk mengatasi permasalahan penipisan rambut tersebut, Hendra menyarankan untuk menggunakan produk perawatan rambut dengan kandungan yang tepat. Di antaranya yang menggabungkan Glycan Complex, Stemoxydine 5%, dan penekstur polimer seperti Kerastase Densifique Cure Femme untuk wanita dan Densifique Cure Homme untuk pria.

Hendra juga menjelaskan, penelitian mengenai Glycan, Glycobiology, telah dianugerahi 7 Noble Prizes, penghargaan tertinggi dalam riset dan ilmuwan. Zat aktif ini mampu meregenerasi sel rambut dan menambah diameter serat rambut. Melalui riset mendalam selama 100 tahun, Glycan Complex telah terbukti merangsang pertumbuhan rambut hingga lebih dari 1.700 helai rambut.

Selain Kerastase dengan produk Densifique-nya, ada pula produk perawatan rambut lain yang juga bermanfaat untuk menebalkan rambut, salah satunya Revlon Flex Volumising Shampoo. Menurut Joseph Coyne, desainer senior di salon rambut Umberto Giannini di Knightsbridge, Inggris, dengan penggunaan yang rutin sampo ini tak hanya menambah ketebalan rambut, juga volume rambut.

“Anda juga bisa mencoba produk lain untuk menebalkan rambut seperti Pantene Pro-V Sheer Volume Shampoo, Umberto Giannini Incredible Body Uplifting Thickening Shampoo, dan Umberto Giannini Incredible Body Uplifting Thickening Mousse,” sebut Coyne. Tak hanya dengan menggunakan produk perawatan rambut, penebalan rambut juga bisa dilakukan dengan cara ekstensi rambut.

Tweddell menjelaskan, saat ini ekstensi rambut tidak hanya digunakan untuk memperpanjang rambut, juga untuk menebalkan rambut. Menurut dia, ekstensi rambut untuk penebalan rambut bisa dilakukan dengan menyambungkan rambut palsu menggunakan lem keratin khusus untuk disambungkan dengan rambut asli di rambut bagian dalam.

“Keratin ini dapat melekat ke bagian kecil dari rambut sekitar 1 cm dari akar. Saya biasanya menempel 30 ekstensi. Sementara ekstensi biasanya dalam untaian dengan berat 1 gram. Ekstensi rambut ini bisa bertahan hingga empat bulan,” kata Tweddell. Salah satu trik yang mudah untuk memberi ilusi rambut lebih tebal adalah potongan rambut dengan model berlapis.

Menurut Coyne, saat ke salon untuk potong rambut, konsultasikan dengan penata rambut untuk memotong rambut secara berlapis sehingga memberi tekstur pada rambut. Misalnya saja model rambut shaggy dan bob , jenis potongan rambut ini dapat memberi kesan rambut lebih tebal.

“Untuk mendapatkan rambut tebal, Anda bisa menata rambut dengan beberapa gaya seperti mengeriting rambut hingga menata rambut dengan gaya bergelombang. Anda juga bisa tambahkan potongan poni tebal agar rambut semakin bervolume,” tutup Coyne.

dwi nur ratnaningsih