Edisi 30-05-2016
NCCB Goes to Rusunawa


Natural Cooking Club Berbagi (NCCB) yang merupakan sayap dari Komunitas Natural Cooking Club (NCC) Indonesia, kembali mengadakan kegiatan sharing ilmu memasak ke tengah masyarakat.

Pada kali ketiga kegiatannya itu, NCCB mengadakan pelatihan membuat aneka kue kering seperti kastengels, nastar, dan putri salju untuk warga rusunawa di kawasan Jatinegara Barat, Jakarta, belum lama ini. Tri Palupi, Ketua NCCB mengungkapkan, pelatihan bertujuan agar warga rusunawa mempunyai keterampilan, khususnya memasak, supaya bisa membuka peluang usaha di rumah.

Misalnya dengan menerima pesanan, membuka toko online , atau menitipkan/berjualan di pasar Jatinegara Barat. Secara kebetulan, kegiatan dilakukan menjelang Lebaran sehingga diharapkan setelah mengikuti pelatihan dapat langsung dipraktikkan. Dalam pelatihan ini peserta diajarkan cara membuat kue kering yang banyak digemari masyarakat, terutama pada Hari Raya Idul Fitri dan Natal.

Pelatihan meliputi cara membuat adonan yang benar, penggunaan bahan yang bagus, cara mencetak dan membentuk, cara memanggang kue kering yang benar, cara menata dalam wadah, sekaligus cara menghitung harga jualnya.

Pelatihan ini diutamakan mengajarkan resep kue kering yang dalam pembuatannya menggunakan alat-alat sederhana sehingga bagi warga rusunawa yang tidak mempunyai peralatan masak lengkap, tetap dapat membuatnya dengan alat-alat yang tersedia di dapur rumah tangga mereka.

Kegiatan di rusunawa Jatinegara Barat diikuti 150 orang warga, 130 anggota NCCB yang bertugas sebagai panitia dan pengajar, serta didukung oleh 70 orang dari kelurahan Kampung Melayu, pengelola rusunawa Jatinegara Barat, dan media massa. Untuk diketahui, NCC Indonesia adalah sebuah komunitas memasak yang didirikan oleh pasangan suami istri Fatmah Bahalwan dan Wisnu Ali Martono pada 15 Januari 2005.

(dyah ayu pamela)