Edisi 30-05-2016
Ratusan Anak Antusias Ikut Audisi Jakarta


Audisi The Voice Kids Indonesia sukses dihelat di beberapa kota besar Indonesia. Ratusan anak antusias mengikuti ajang pencarian bakat menyanyi yang dihelat GlobalTV ini.

Kini giliran anak-anak Jakarta dan sekitarnya bersaing untuk mendapatkan tiket bertemu dewan juri pada babak utama. Suasana riuh suara anak-anak berusia 9-15 tahun terdengar saat audisi The Voice Kids Indonesia yang berlangsung di studio 18 GlobalTV, Kebon Jeruk, Jakarta, kemarin. Ratusan anak-anak terlihat sibuk melatih vokal mereka untuk bisa lolos ke babak selanjutnya.

Tak ketinggalan para orang tua yang mendampingi terus memberi semangat untuk mewujudkan cita-cita dan bakat sang anak. Salah satu peserta audisi Andi Aura Madani misalnya, terlihat serius berlatih menyanyikan lagu Price Tag yang dipopulerkan Jessie J. Namun, gerak tubuhnya terlihat grogi sebelum menunjukkan kemampuannya bernyanyi di hadapan juri.

Sesekali Buddy Ace, ayahnya, menyemangati agar Andi Aura bisa tampil enjoy . Saat menyanyi, range vokalnya tidak bisa dipandang sebelah mata, lengkingan suaranya terdengar indah, dipadukan dengan intonasi yang jelas melafalkan lirik lagu bahasa Inggris itu. ”Aku senang banget punya kesempatan tampil di audisi The Voice Kids ini. Walau sempat grogi, aku berusaha untuk mengeluarkan kemampuan terbaik di depan juri agar bisa lolos ke babak utama dan bisa membanggakan kedua orang tuaku yang ikut mengantarkanku,” kata Aura.

Keikutsertaan Aaura pada The Voice Kids Indonesia tak lepas dari penyanyi idola yang juga jadi coach The Voice Indonesia , yakni Agnez Mo. Andi Aura ingin bisa mengembangkan karier sebagai penyanyi profesional dan bertemu dengan penyanyi idolanya tersebut. ”Saya dari dulu suka Kak Agnez, jadi tambah semangat untuk menunjukkan kemampuan saya di depannya nanti jika aku lolos ke babak berikutnya,” harapnya.

Bakat menyanyi Andi Aura sudah terlihat sejak usia 3 tahun. Kemampuan bermusiknya itu didapatkan dari pamannya, Abdee Negara, yang merupakan gitaris band Slank. Setelah tahu bakatnya sebagai penyanyi, kemudian Andi Aura diarahkan orang tuanya mengikuti les vokal, piano, dan bahasa Inggris.

Peserta audisi lain, Yasmin, yakin dan percaya diri kemampuannya bernyanyi membuat dia bisa lolos ke tahap selanjutnya, meski saingannya sangat ketat karena banyak anak yang mempunyai suara bagus saat audisi. ”Aku ingin banget jadi penyanyi sukses di ajang The Voice Kids ini. Semoga nanti bisa meluluhkan hati juri sehingga bisa maju ke babak berikut dan bisa menggali ilmu dari para juri,” kata Yasmin yang menyanyikan lagu Kesempurnaan Cinta milik penyanyi Rizky Febian saat audisi.

Sementara Marcomm & Publicity Departement Head GlobalTV Donny Utama mengatakan, peminat audisi di Jakarta jauh lebih besar dibandingkan kota lain. Pada audisi di Medan jumlah pendaftar sekitar 508 anak. Namun, di Jakarta baru sampai siang, jumlah pendaftarnya sudah lebih dari 700 anak.

”Peserta terus berdatangan hingga kini. Kami yakin, angkanya di atas 700 anak. Sebab, acara ini dilakukan sampai sore hari,” kata Donny. Pada The Voice Kids ini, seleksi yang dilakukan tidak terlalu ketat, seperti The Voice Indonesia . Para juri tidak hanya melihat vokal, juga penampilan dan rasa percaya diri peserta menjadi penilaian. ”Bahkan kemampuan mereka menari pun menjadi pertimbangan dalam tahap seleksi awal ini,” katanya.

Sebagai informasi, The Voice Kids Indonesia memberikan kesempatan bagi anak-anak yang memiliki bakat di bidang musik untuk meraih impian mereka mengembangkan karier sebagai penyanyi profesional. The Voice Kids Indonesia ini menghadirkan sejumlah coach atau mentor. Musisi yang terpilih, yakni Bebi Romeo, Agnez Mo, dan Tulus. Adapun untuk audisi, dilakukan dengan sistem radio hunt dan big audition di delapan kota.

Untuk radio hunt dilakukan dengan mengirimkan demo CD/DVD rekaman dan biodata ke partner radio ke sejumlah kota. Audisi boleh diikuti oleh anak-anak berusia 9 hingga 15 tahun. Sementara untuk sistem big audition dilakukan di 3 kota besar, yakni Medan, Surabaya, dan Jakarta. Peserta audisi bisa datang langsung ke Mall Hermes Place Polonia Medan pada 1 Mei, Hotel Inna Simpang Surabaya pada Minggu (15/5) dan Studio 18 GlobalTV pada Sabtu-Minggu (28-29/5).

The Voice juga memiliki sistem penilaian yang berbeda dengan acara talent show lainnya. Terdiri atas tiga tahap audisi, yaitu Blind Audition, Battle Round, dan Live Show, nantinya para peserta yang lolos babak audisi harus melewati babak-babak ini sebelum keluar sebagai pemenang.

Thomasmanggalla