Edisi 30-05-2016
Kiwi, Atasi Masalah Pencernaan


Apakah Anda memiliki keluhan masalah pencernaan, seperti konstipasi (susah buang air besar), kesulitan mencerna makanan, sakit perut, ataupun sakit asam lambung?

Jika ya, bisa jadi Anda kekurangan asupan buah dan sayur. Cobalah untuk mengonsumsi buah kiwi secara rutin. Menurut Dr Richard Gearry dan Dr Anita Carr dalam Simposium Internasional Pertama mengenai buah kiwi dan kesehatan yang diprakarsai Riddet Institute (lembaga riset New Zealand), konsumsi dua buah kiwi terbukti memberikan manfaat kesehatan tubuh menyeluruh.

Hasil penelitian Dr Richard menunjukkan, enzim alami actinidin yang hanya ada di buah kiwi hijau, terbukti memperbaiki pencernaan serta meningkatkan pemecahan protein sehingga lebih mudah diserap dan mempercepat penyerapan nutrisi. Kandungan vitamin C buah ini juga dapat mengurangi mood yang buruk, kelelahan, depresi, dan penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Dibenarkan oleh DR Dr Fiastuti Witjaksono MSc MS SpGK, Kepala Departemen Gizi RSCM dan dokter spesialis gizi klinik dari FKUI, konsumsi buah merupakan bagian dari diet yang direkomendasikan dalam menu sehari-hari. Rekomendasinya adalah 3-5 porsi sayur dan 2-3 porsi buah per hari. Faktanya sekitar 93,6% penduduk Indonesia yang berusia di atas 10 tahun masuk dalam kategori kurang makan buah dan sayur.

Kondisi ini mengakibatkan meningkatnya risiko terkena penyakit tidak menular (PTM), seperti diabetes tipe 2 dan kanker usus besar. Data Riskesdas 2013 menemukan, tren PTM sebagai penyebab kematian semakin meningkat. Pada 2007 menjadi 59,5% dari sebelumnya 49,9% pada 2001.

“Penyakit tidak menular banyak diderita oleh kaum urban dan mulai dari usia yang muda. Padahal, kebanyakan penyakit tidak menular ini dapat dicegah dengan perubahan pola makan dan gaya hidup. Rekomendasi perubahan pola makan yang dimaksud adalah memperbanyak konsumsi buah dan sayur,” kata Fiastuti dalam workshop bertema Awali dengan Buah yang diselenggarakan Zespri di Jakarta, belum lama ini.

Anastasia Damayanti, Marketing Manager Zespri untuk Indonesia mengatakan, kiwi Zespri Sungold dan Zespri Green merupakan buah sarat nutrisi yang telah terbukti mampu meningkatkan kesehatan pencernaan, perbaikan metabolisme, dan memiliki kadar vitamin C yang tinggi. “Semua kebaikan buah kiwi berkaitan dengan pencegahan berbagai penyakit tidak menular, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker,” katanya.

Sementara Judy Lee, Regional Marketing Manager Zespri Southeast Asia & Australia memaparkan, simposium internasional yang digagas Riddet Institute tersebut membahas tiga hal penting mengenai buah kiwi Zespri, yaitu manfaatnya terhadap kesehatan pencernaan, manfaatnya bagi tubuh seperti meningkatkan imunitas, serta pengaruh buah kiwi terhadap metabolisme.

sri noviarni