Edisi 31-05-2016
Peroleh Pangan Organik Lebih Mudah


Pangan dari hasil pertanian organik makin diminati. Namun kendalanya pendistribusian produk ini sangat sulit. Sehingga kadang tidak menjangkau konsumennya. Hal tersebut disiasati oleh Kecipir.com untuk menghadirkan layanan serupa e-commerce.

Pendiri Tantyo Bangun menuturkan bahwa ide awalnya menciptakan layanan tersebut saat dirinya melakukan kegiatan di Greenweb yang disponsori Chevron Indoenesia. “Saat itu kami mengkomunikasikan pertanian terpadu di wilayah Gunung Halimun- Salak. Setelah beberapa lama kami melihat bahwa akses pasar menjadi salah satu masalah terbesar untuk pertanian organik.

Kemudian kami memikirkan caranya, yakni dengan membuat platform yang membantu distribusi langsung hasil pertanian organik,” jelas Tantyo. Platfrom Kecipir.com menyediakan distribusi produk pertanian organik lagsung dari petani lokal kepada konsumen yang dapat diperoleh dengan harga terjangkau. Mereka berharap menjadikan sayuran organik sebagai “sayuran biasa” yang dari sisi harga bisa bersaing, dari sisi pasokan bisa diandalkan, dan juga lebih sehat untuk dikonsumsi.

“Kecipir.com mulai aktif di April 2015 dan beroperasi September 2015. Hingga saat ini sudah ada 50 agen yang menjadi titik distribusi dari Kecipir.com dan untuk pelanggan sudah mencapai 1.000 orang dalam 6 bulan terakhir,” tambah Tantyo. Kecipir.com hadir dalam bentuk web dan mobile app untuk Android dan iOS yang menghubungkan petani dan konsumen.

Agen Kecipir.com berperan sebagai titik pick up point sayuran yang dibeli konsumen. Selain itu mereka juga menyediakan sistem deposit Green Cash atau semacam virtual money untuk memudahkan konsumen berbelanja. Nantinya akan ada juga layanan kurir yang mengantar pesanan.

Dari segi produk, hasil pertanian organik yang disediakan Kecipir.com sangat variatif. Tidak hanya menjual satuan untuk satu jenis sayur organik tetapi juga menyediakan paket sayuran dengan beragam jenis pilihan. “Sayangnya saat ini kami baru melayani daerah Jakarta, Depok, Tangerang Selatan, Bekasi,” ucap Tantyo.

Kecipir.com diklaim Tantyo dapat meringkas rantai perdagangan dari komoditas sayur organik alhasil para petani sayur organik memperoleh margin yang sehat. Peluang potensi layanan Kecipir.com untuk bidang agraria di Indonesia masih sangat besar dibandingkan rata-rata dunia yang 21% lahan pertaniannya sudah organik. Karena di Indonesia baru 0,01% saja. ”Tantangannya banyak. Potential loss pesanan masih cukup besar. Belum lagi segi pemasaran dan branding,” papar Tantyo.

cahyandaru kuncorojati